Sukses

9-2-1895: Terinspirasi dari Basket, Cikal Bakal Olahraga Bola Voli Tercipta

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah Anda bahwa 124 tahun silam cikal bakal olahraga voli tercipta? Adalah seseorang bernama William G. Morgan yang tercatat dalam sejarah sebagai sosok pencetusnya pada 9 Februari 1895.

Kala itu Morgan muda kuliah di Springfield College yang dikelola YMCA (Young Men's Christian Association). Di sanalah ia bertemu dengan James Naismith yang pada tahun 1891 menciptakan olahraga bola basket.

Menurut Volleyball.org, setelah lulus pada tahun 1895 ia mulai bekerja sebagai Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Massachusetts. Ia bertugas untuk membangun, mengembangkan, dan mengarahkan program latihan serta kelas olahraga untuk pria dewasa.

Kepemimpinannya diterima dengan antusias, dan jumlah kelasnya bertambah dengan cepat. Dia kemudian menyadari dirinya membutuhkan jenis permainan rekreasi kompetitif untuk memvariasikan programnya.

Lalu ia menemukan alternatif olahraga selain bola basket --yang tengah berkembang saat itu, di mana tak hanya orang muda yang bisa melakukannya.

Morgan menciptakan permainan bernama Mintonette --cikal bakal voli-- yang dirancang tidak seberat basket agar cocok dimainkan orang-orang yang lebih tua. Dirancang berdasarkan olahraga lain asal Jerman bernama faustball.

Dasar William Morgan untuk permainan baru bola voli menggunakan permainan faustball Jerman karena saat itu populer dan serupa dan beberapa olahraga lainnya termasuk: tenis (jaring), bola basket, baseball, dan bola tangan.

Seperti dikutip dari Thought.co, nama bola voli muncul setelah permainan demonstrasi olahraga, ketika seorang penonton berkomentar bahwa permainan itu melibatkan banyak volleying.

Dalam olahraga, terutama tenis atau sepak bola, volleying yang dimaksud adalah serang atau tendang (bola) sebelum menyentuh tanah. 

Atas dasar itulah kemudian permainan itu dikenal sebagai bola voli. 

Kemudian tercetus Morgan Trophy Award yang kemudian diberikan setiap tahun kepada pemain bola voli pria dan wanita paling berprestasi di Amerika Serikat.

Penghargaan yang didirikan oleh Yayasan William G. Morgan pada tahun 1995 saat 100 tahun bola voli ini digagas sebagai penghargaan atas jasa untuk mendiang William Morgan yang meninggal dunia pada tahun 1942 di usia 72 tahun.

Selain cikal bakal voli, sejarah mencatat pada tanggal yang sama tahun 1969, sebagai momen perdana penerbangan uji coba Boeing 747. Beberapa tahun setelahnya, 9 Februari 1971, program Apollo, Apollo 14 kembali ke Bumi setelah pendaratan berawak ketiga di Bulan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

Puluhan Pengunjung Terjebak Kereta Gantung Sea World

Tutup Video