Sukses

Denmark Siap Bangun Pulau Buatan jadi Silicon Valley ala Eropa

Kopenhagen - Denmark digadang-gadang siap membangun Silicon Valley ala Eropa --kawasan dengan banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor, mirip dengan yang ada di selatan San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari DW, Kamis (10/1/2018), sulitnya lahan untuk perumahan dan kantor tidak menyurutkan pembangunan di Denmark. Malah 9 pulau buatan itu dicanangkan rampung tahun 2040 --yang digadang siap menjadi Silicon Valley ala Eropa.

Proyek 'Holmene' atau proyek pulau ini rencananya akan dimulai tahun 2022 di selatan Kopenhagen dan rampung tahun 2040. Denmark nantinya akan memiliki 9 pulau buatan seluas 420 kali lapangan sepakbola. 

Menteri Dalam Negeri Denmark, Simon Emil Ammitzboell-Bille, mengatakan, pulau buatan ini akan menarik bisnis internasional dan akan membuka sekitar 12.000 lahan pekerjaan. "Kita akan menjadi lebih kuat untuk berkompetisi di internasional, menarik pebisnis dan investasi asing, serta pekerja dengan kualitas terbaik," tambahnya.

Kini, proyek tersebut masih menunggu persetujuan parlemen.

Sejauh ini, pemerintah Denmark merencanakan pembukaan lahan baru sekitar 3,1 juta meter kubik, 700.000 meter kubik lahan hijau dan 17 km wilayah pesisir baru.

Dengan lokasi yang tak jauh dari Bandara Kopenhagen, proyek ini diperkirakan akan menarik 380 bisnis baru dan aktifitas ekonomi hingga US$8 miliar.

"Kami menargetkan perusahaan teknologi, tetapi selalu ada ruang untuk produsen kebutuhan sehari-hari," ujar Menteri Industri dan Perdagangan Rasmus Jarlov seperti dikutip kantor berita Denmark, Rizau. Untuk mendukung faktor finansial, penjualan kaveling akan mulai dilakukan tahun 2028.

Kepala asosiasi pekerja Denmark, Brian Mikkelsen, menyambut positif rencana itu. Seperti dikutip televisi Denmark TV2,  Brian mengatakan pulau-pulau  ini dapat memicu perkembangan Silicon Valley Eropa.

Rencananya, satu dari sembilan pulau itu akan menampung air limbah untuk mendaur ulangnya hingga mentransformasikannya menjadi  bio-gas. Pulau ini juga akan digunakan sebagai tempat penyimpanan energi dari sumber energi terbarukan.

Denmark dan Rencana Pulau Buatan

Dalam beberapa dekade terakhir, otoritas Denmark memang telah mengatasi masalah keterbatasan lahan dengan membuat lahan lahan buatan sehingga batas-batas wilayah bisa diperluas.

Proyek pulau buatan memang sudah digadang dari Oktober lalu oleh Perdana Menteri Denmark Lars Loekke Rasmussen. Pulau buatan di luar pesisir Denmark ini berguna tidak hanya sebagai fasilitas perumahan tetapi juga untuk mengantisipasi ancaman banjir akibat kenaikan permukaan laut.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

KORSEL TAK LAGI SEBUT KORUT SEBAGAI ‘MUSUH’

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Objek Besar Timpa Kereta Penumpang di Jembatan Denmark, 6 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
5 Negara Paling Aman bagi Perempuan di Dunia, Mana Saja?