Sukses

Intip Trik Jitu Uni Eropa Tangkal Fake News Jelang Pemilu 2019

Pemilu Eropa tinggal 5 bulan lagi. Sebelum gelaran berlangsung pada Mei 2019, Uni Eropa melakukan sejumlah cara untuk menangkal fake news. Patut ditiru?

Berlin - Lima bulan sebelum pemilu Eropa pada Mei 2019, para pimpinan Uni Eropa telah mengusulkan agar anggaran divisi yang bertugas mengatasi disinformasi, ditingkatkan menjadi dua kali lipat. Dari yang semula hanya 1,9 juta euro (Rp 31,3 miliar) menjadi 5 juta euro (Rp 82,4 miliar).

Mereka khawatir pemilu Eropa akan gampang disusupi oleh para peretas Rusia, dengan maksud menggiring opini publik ke arah tertentu. Tudingan seperti itu sudah lama ditujukan ke Negeri Beruang Merah, yang terbukti beberapa kali berusaha menerobos jaringan komputer internal negara-negara di Eropa.

"Disinformasi adalah bagian dari doktrin militer Rusia dan strateginya untuk memecah dan melemahkan Barat," kata Andrus Ansip, Wakil Presiden Uni Eropa Bidang Digital, yang dikutip dari DW Indonesia pada Jumat, (7/12/2018).

Lebih banyak staf dan peralatan canggih

Rusia menghabiskan 1,1 miliar euro setiap tahun untuk mendanai media-media pro-Kremlin, kata Andrus Ansip, yang juga mantan perdana menteri Estonia.

"Kami telah melihat upaya (Rusia) untuk ikut campur dalam pemilihan dan referendum. Bukti-bukti menunjuk ke negara itu sebagai sumber utama serangan ini," tambahnya.

Uni Eropa sekarang ingin mempekerjakan lebih banyak staf dengan peralatan yang lebih canggih di kantor pusat di Brussels. Selain itu, kantor-kantor perwakilan Uni Eropa di berbagai bagian dunia juga akan memiliki perlengkapan dan pengamanan lebih baik.

Data-data dan analisis mengenai penggalangan propaganda lewat fake news nantinya dengan cepat dapat disebarkan di antara negara-negara anggota Uni Eropa.

Dengan sebuah mekanisme "peringatan cepat", pemerintah yang bersangkutan akan mendapat peringatan dini sekaligus strategi dan cara menangkis propaganda dan serangan dengan informasi.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertindak Cepat dan Efektif

Komisi Eropa menyerukan pada perusahaan-perusahaan sosial media seperti Facebook, Google dan Twitter, untuk bertindak "dengan cepat dan efektif " menghadapi disinformasi dan menutup akun-akun palsu, serta memblokir pesan yang disebarkan secara otomatis oleh bot.

Komisioner hukum Vera Jourova mengatakan, Uni Eropa akan menekan para raksasa online untuk memenuhi komitmen mereka sesuai Kode etik yang sudah mereka tandatangani.

"Kami sedang menghadapi perlombaan senjata digital, dan Eropa tidak boleh tinggal diam," tandas Jourova.

Facebook sudah membentuk apa yang mereka sebut "war room" untuk melawan penyebaran informasi-informasi palsu dan manipulasi yang dilakukan pihak-pihak yang mencoba memengaruhi hasil pemilu di berbagai tempat.

Rencana Komisi Uni Eropa masih harus disetujui oleh para pemimpin negara-negara anggota. Jika mendapat lampu hijau, sistem tersebut baru bisa mulai beroperasi pada Maret 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.