Sukses

Laku Dua Kali Lipat, Surat Albert Einstein Soal Tuhan Terjual Rp 41,7 Miliar

Tak diduga, surat tulisan tangan Albert Einstein itu terjual hampir dua kali lipat harga prediksi rumah lelang Christie's.

Liputan6.com, New York - Sebuah surat tulisan tangan Albert Einstein yang membahas konsep agama, dilaporkan terjual dengan harga fantastis. Hampir US$ 2,9 juta atau sekitar Rp 41,7 miliar.

Menurut laporan BBC, yang dikutip Rabu (5/12/2018), God Letter atau Surat Tuhan milik Albert Einstein itu ditulis pada 1954 dan diperkirakan akan terjual seharga US$ 1,5 juta atau sekitar Rp 21,6 miliar di lelang New York.

Ilmuwan pemenang Hadiah Nobel berusia 74 tahun tersebut menulis catatan satu setengah halaman kepada filsuf Jerman, Eric Gutkind, sebagai tanggapan atas salah satu karyanya.

Surat itu dilihat sebagai pernyataan kunci dalam perdebatan antara sains dan agama.

"Surat pribadi yang sangat jujur ​​ini ditulis satu tahun sebelum kematian Einstein dan tetap menjadi ekspresi yang sepenuhnya diartikulasikan dari pandangan religius dan filosofisnya," demikian pernyataan dari rumah lelang Christie's.

Tak diduga, surat tulisan tangan Einstein itu terjual hampir dua kali lipat harga prediksi rumah lelang antara US$ 1 juta hingga US$ 1,5 juta (Rp 14,4 miliar sampai Rp 21,6 miliar).

Dalam surat itu, yang ditulis dalam bahasa aslinya Jerman, Albert Einstein mengomentari soal keyakinan pada Tuhan.

"Kata Tuhan bagi saya hanyalah ekspresi dan produk dari kelemahan manusia," tulisnya. "Alkitab adalah kumpulan legenda yang mulia, tetapi masih agak primitif."

"Tidak ada interpretasi, tidak peduli seberapa halus, dapat (bagi saya) mengubah apa pun tentang ini."

Fisikawan kelahiran Ulm, Jerman, ini juga merenungkan identitas Yahudi, menulis bahwa Yahudi sama seperti semua agama lain: inkarnasi takhayul primitif.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Surat Pertama yang Dilelang

Ini bukan pertama kalinya surat Einstein disiapkan untuk dilelang.

Tahun lalu, sebuah surat yang ditulis untuk seorang mahasiswa kimia Italia yang menolak untuk bertemu dengannya dijual seharga US$ 6.100.

Surat itu dijual bersama dengan sejumlah surat lain dari Einstein, termasuk dari tahun 1928 yang pergi untuk US$ 103.000, di mana ia menetapkan pemikirannya untuk tahap ketiga dari teori relativitas.

Pada 2017, sebuah surat berisi nasihat tentang hidup bahagia dari Einstein dijual seharga US$ 1,56 juta di Yerusalem.

Salah satu petikan kalimat dalam surat itu berbunyi: "Hidup yang tenang dan rendah hati akan membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan dan kegelisahan konstan yang datang bersamanya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.