Sukses

28-11-1999: Geger Pria Tanpa Busana Serang Jemaat Gereja Pakai Pedang

Liputan6.com, Baku - Hari ini 19 tahun silam, kehebohan melanda sebuah gereja di London selatan, Inggris. Tiba-tiba seorang pria bersenjata pedang menyerang jemaatnya.

Seperti dikutip dari BBC on This Day, 11 orang dilaporkan terluka dalam serangan pedang di sebuah gereja di London selatan. Pelakunya, seorang pria bugil, menghunus pedang sepanjang 3 kaki (91 cm) ke Gereja Katolik Roma St Andrew di Thornton Heath, Croydon, saat Misa Minggu tengah berlangsung.

Tanpa pandang bulu, pria tak berbusana itu menyerang jemaat paroki - melukai empat dari mereka yang kemudian kritis - sebelum akhirnya diamankan jemaat lain.

Polisi mengatakan mereka kemudian menahan pria lokal berusia 26 tahun yang menyerang para jemaat di sana.

Serangan itu terjadi tak lama setelah layanan Misa pukul 10.30 pagi dimulai. Para saksi mengatakan terdengar jeritan dan terjadi kepanikan ketika pria itu mulai menghunuskan pedangnya ke sejumlah jemaat.

Banyak pengunjung gereja berlari ke aula yang bersebelahan tempat layanan anak-anak diadakan.

"Kami mungkin sekitar 15 menit dalam liturgi anak-anak ketika pintu gereja terbuka dan sekelompok massa datang," kata Nanette Frederiksson.

Seorang jemaat paroki, Bob Wright, berusaha mengalihkan perhatian pria itu dengan menyodorkan salib besar di wajahnya. Polisi yang tengah tak bertugas, Tom Tracey akhirnya berhasil mengalahkan penyerang tanpa busana itu dengan pipa logam sepanjang 5 kaki (152 cm).

"Lima menit sebelumnya saya sedang menyanyikan mazmur, kemudian melawan orang gila yang memegang pedang," kata Tom Tracey.

Paramedis pertama yang tiba ke lokasi penyerangan pria bugil itu mengatakan bahwa mereka dihadapkan dengan adegan bersimbah darah dan kepanikan.

Sebagian besar korban serangan pedang itu kemudian dibawa ke Rumah Sakit Mayday di Croydon. Seorang konsultan menggambarkan sejumlah jemaat mengalami luka tikam dan tebas yang sangat mengerikan.

Kepala Detektif setempat, Inspektur Phil Fitzgerald mengatakan tak diketahui motif pria tanpa busana bersenjata pedang itu melakukan serangan. Belakangan disebutkan bahwa pelakunya mengalami depresi.

Pada tanggal yang sama tahun 2012, tercatat sebagai momen gemilang pesepakbola Andik Vermansyah. Ia berhasil mencetak gol ke gawang Singapura pada menit ke-87 pertandingan penyisihan Grup B Piala Suzuki AFF 2012 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia. Ini merupakan kemenangan pertama Indonesia atas Singapura dalam kurun waktu 15 tahun terakhir dalam ajang tersebut.

Selain itu sebelumnya pada 28 November 1966, penerbangan tak berawak pertama Soyuz diluncurkan.

 

Saksikan juga vidieo berikut ini:

Artikel Selanjutnya
27-11-2017: Muncul dari Lubang Toilet... Horor 31.801 Penampakan Ular di Thailand
Artikel Selanjutnya
26-11-1922: Perdana, 2 Pria Inggris Berhasil Menembus Makam Firaun Tutankhamun