Sukses

Cairan Ini Harganya Melebihi Ferrari 335S Spider Scaglietti Senilai Rp 487 Miliar

Ada 8 cairan yang terbilang cukup mahal di dunia, bahkan salah satu harganya disebut melebihi sebuah mobil Ferrari 335S Spider Scaglietti yang dilelang Rp 487 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata "mahal"? Sebagian besar orang biasanya terbesit tentang kemewahan, antara lain mobil, rumah, Kim Kardashian, cincin berlian, parfum Chanel No. 5, sosialita, gaun pernikahan Meghan Markle dan segala sesuatu yang dirasa tidak "pas" dengan isi dompet.

Namun hanya ada segelintir orang yang menyebut wine atau minuman anggur sebagai barang yang mahal, sebab memang tak banyak jenis minuman beralkohol dengan harga fantastis.

Per botol cairan tersebut umumnya dibanderol berkisar Rp 400 ribu hingga Rp 500 juta. Kendati demikian ada satu minuman anggur yang harganya bisa disejajarkan atau bahkan lebih dari satu mobil bernilai ratusan juta rupiah.

Selain anggur, ada sedikitnya 8 cairan termahal di dunia. Bahkan salah satu di antaranya dibanderol dengan harga lebih dari mobil Ferrari 335S Spider Scaglietti yang dilelang Rp 487 miliar. Berikut di antaranya, seperti dikutip dari Bright Side, Jumat (28/9/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Anggur Merek D’Amalfi Limoncello Supreme

Tahukah Anda bahwa satu botol anggur D’Amalfi Limoncello Supreme dibanderol seharga Rp 530 miliar? Minuman ini juga ditambahkan lemon yang diambil di perbukitan Amalfi, di bawah resep tradisional Italia.

Namun, bukan itu yang membuatnya sangat mahal. Adalah desain botol yang membuatnya jadi bernilai tinggi, sebab leher botol disematkan 3 berlian dengan kadar total 13 karat dan satu berlian langka 18,5 karat yang ditempatkan di tengah leher botol.

3 dari 9 halaman

2. Bisa Kalajengking

Protein dalam racun kalajengking bisa digunakan untuk pengobatan seperti multiple sclerosis (suatu penyakit kronis terkait kerusakan selubung sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang --gejalanya antara lain mati rasa, gangguan berbicara dan koordinasi otot, penglihatan kabur, serta kelelahan yang parah), radang sendi, dan penyakit radang usus.

Untuk mendapatkannya, Anda harus merogoh kocek Rp 515 miliar untuk satu galon atau 4,5 liter.

4 dari 9 halaman

3. Racun Ular King Kobra

Ular Raja Kobra atau King Cobra (Ophiophagus hannah) adalah salah satu ular paling berbahaya di dunia. Satu gigitan saja sudah cukup untuk membunuh gajah dewasa. Namun banyak orang yang memanfaatkan bisa Raja Kobra untuk memproduksi obat-obatan.

Konon, bisa King Cobra dapat membantu menyembuhkan penyakit parkinson dan alzheimer, mengobati skizofrenia, dan melawan depresi. Satu galon racun ular Raja Kobra dihargai Rp 2 miliar.

5 dari 9 halaman

4. LSD

Lysergic cid diethylamide (LSD) atau asam lisergat dietilamida adalah obat halusinogen. Efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsinya biasanya terdiri dari perubahan pikiran, perasaan, dan kesadaran tentang lingkungan.

Banyak penggunanya melihat atau mendengar hal-hal yang tidak nyata. Sedangkan dampak pada fisik yakni pupil melebar, tekanan darah dan suhu tubuh meningkat.

LSD diperkenalkan oleh Sandoz Laboratories (kini Novartis) --dengan nama dagang Delysid-- sebagai obat dengan berbagai penggunaan psikiatrik pada tahun 1947. Saat itu, obat ini juga menjadi harapan besar dalam dunia medis, khususnya psikologis. Di Indonesia banyak sekali sebutan bagi LSD, di antaranya acid, elsit, perangko, kertas dewa, dan lain-lain.

Cairan mengandung LSD ini bersifat relatif tidak adiktif dan toksisitasnya rendah. Harga per galonnya Rp 1,6 miliar.

LSD. (Sumber Wikimedia Commons)

6 dari 9 halaman

5. Darah dari Kepiting Tapal Kuda

Darah kepiting tapal kuda (Merostomata) tidak mengandung hemoglobin. Sebaliknya, darah hewan laut bercangkang ini mengandung hemosianin yang membuat warna darah menjadi biru. Ketika patogen atau bakteri masuk ke dalamnya, pembekuan darah akan terjadi sangat cepat.

Kualitas darah pun menjadi sangat berharga dalam farmakologi, sebab bisa mendeteksi endotoksin. Dalam dunia medis dan riset sains, kepiting tapal kuda akan langsung dibebaskan setelah darahnya diambil. Harga per galon mencapai Rp 793 juta.

7 dari 9 halaman

6. Chanel No. 5

Parfum legendaris ini dikenal di kalangan selebritas papan atas dan orang-orang tajir. Chanel No. 5 pertama kali dijual pada tahun 1922, dan masih memegang tempat teratas di pasar.

Kelopak bunga dan esensi akar yang langka adalah sesuatu yang mebuat Chanel No. 5 begitu mahal. Harganya? Tergantung jenis botol. Biasanya mencapai Rp 437 juta.

8 dari 9 halaman

7. Insulin

Pankreas menghasilkan insulin sendiri dalam tubuh manusia. Tapi mereka yang menderita diabetes, tidak bisa memproduksi insulin yang cukup. Mereka pun butuh insulin yang diproduksi secara biokimia dan cairan ini dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni Rp 195 juta per galon.

9 dari 9 halaman

8. Merkuri

Merkuri adalah satu-satunya logam yang tetap cair pada suhu ruangan (24 hingga 26 derajat Celcius). Umumnya digunakan untuk alat ukur pada termometer, namun industri kimia, produksi logam, dan pertanian juga merasakan manfaatnya.

Harga per galon merkuri adalah Rp 44 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.