Sukses

Siaga Ancaman Badai Lane, Penduduk Hawaii Borong Air Mineral dan Mi Instan

Para penduduk Hawaii memborong stok air mineral dan makanan olahan untuk persiapan menghadapi ancaman Badai Lane.

Liputan6.com, Honolulu - Sepanjang Selasa kemarin, penduduk Hawaii berbondong-bondong pergi toko dan supermarket. Mereka membeli air mineral dan makanan kemasan--termasuk mi instan--dalam jumlah besar. Hal ini menyusul peringatan ancaman badai Lane yang terbentuk di wilayah tenggara Samudra Pasifik.

Penduduk di seluruh wilayah Kepulauan Hawaii tengah menghadapi ancaman hujan lebat, banjir bandang, dan ombak tinggi akibat badai Lane yang diperkirakan mulai bergerak pada Rabu ini.

Dikutip dari Time.com, Rabu (22/8/2018), lembaga cuaca nasional Amerika Serikat mengeluarkan peringatan terkait pada Selasa, 21 Agustus 2018, sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Hal itu menyusul penetapan jam badai yang difokuskan pada Pulau Maui dan sekitarnya, di mana berarti badai tropis tengah mengintai.

Ada kemungkinan badai juga melintasi Oahu dan Kauai, yang berisiko memicu angin ribut dengan kecepatan maksimum 155 mil per jam, atau setara dengan 80.5 kilometer per jam.

"Badai Lane diperkirakan bergerak hampir ke seluruh pulau-pulau utama Hawaii menjelang akhir pekan ini, dan berpotensi membawa angin yang merusak, sekaligus banjir bandang yang mengancam jiwa," kata Pusat Badai Pasifik dalam sebuah pernyataan.

Menurut ahli meteorologi Gavin Shigesato, ada beberapa ketidakpastian pada jalur lintasan badai Lane, apakah itu bergerak ke utara atau selatan. Sejauh ini, badai terpantau telah bergerak ke barat, tetapi kemungkinan bisa berbelok ke barat laut menuju seluruh area kepulauan Hawaii.

Namun, pusat pemantau topan nasional mengatakan, Badai Lane akan bergerak di atas pulau-pulau Hawaii, antara Kamis hingga Sabtu nanti.

Di lain pihak, departemen pendidikan setempat memutuskan anak-anak sekolah libur sementara hingga badai dipastikan benar-benar lenyap.

Selain itu, Gubernur Hawaii David Ige juga dikabarkan memberi imbauan cuti darurat untuk para pekerja, baik swasta maupun negeri, khususnya yang berada di Big Island dan Maui, kecuali mereka yang bertugas sebagai tenaga kesehatan, otoritas keamanan, dan pemadam kebakaran.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Simak video pilihan berikut: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Diimbau Siaga

Sementara itu, sisi timur Big Island disebut masih memikul beban dari terjangan badai sebelumnya, serta aliran lava dari erupsi gunung Kilauea yang menghancurkan lahan cukup lus.

Adapun tentang kemungkinan lintasan badai, diprediksi akan terasa dampaknya di sisi selatan dan barat pulau tersebut. Meski begitu, pemerintah setempat mengimbau seluruh penduduk di sana untuk mempersiapkan diri, dan terus memantau pengumuman keamanan lanjutan.

Ditambahkan juru bicara Maui County, Rod Antone, warga juga diimbau untuk menyiapkan peralatan darurat dan menarik uang tunai secukupnya, guna menghindari risiko ATM tidak berfungsi akibat listrik padam.

Selain itu, maskapai lokal setempat, Hawaiian Airlines mengumumkan pembebasan biaya perubahan tiket penerbangan dari dan ke Hawaii pada jadwal Selasa dan minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.