Sukses

Kanibal hingga Hidup Tanpa Kepala, Ini 5 Fakta Mengejutkan Seputar Kecoak

Serangga yang satu ini memang dikenal luas sebagai hewan yang bikin jijik. Sebab, kecoak kerap hidup di tempat-tempat penuh kuman seperti tong sampah hingga saluran pembuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang terlintas dalam pikiran Anda jika mendengar kata kecoak? Mungkin salah satu dari Anda akan menyebut kata "menjijikkan".

Serangga yang satu ini memang dikenal luas sebagai hewan yang bikin jijik. Sebab, mereka kerap hidup di tempat-tempat penuh kuman seperti tong sampah hingga saluran pembuangan.

Menanggapi keberadaan kecoak juga kerap membuat orang bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dari kecoak untuk kehidupan manusia. Selain itu, ternyata ada sejumlah fakta lain yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Seperti dikutip dari laman Rentokil.com, Senin (23/7/2018), berikut 5 fakta mengejutkan seputar kecoak yang mungkin belum pernah Anda dengar:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kecoak Adalah Kanibal

Kecoak adalah hewan yang tidak pilih-pilih makanan. Apa saja yang ada dihadapannya maka bisa ia makan. Mulai dari buah, lem, kotoran manusia dan apapun itu.

Bahkan, mereka dapat memangsa sesama apabila perut mereka benar-benar keroncongan. Oleh sebabnya, hewan ini tergolong kanibal.

Kecenderungan kanibalisme kecoak diyakini atas dua alasan, yaitu faktor makanan dan regulasi. Ketika infestasi kecoak mencapai jumlah besar dan makanan mulai langka, maka serangga satu ini akan menjelma jadi kanibal.

Selain dapat menghilangkan rasa lapar di perut, salah satu alasan mereka memakan sesama bertujuan untuk mengurangi ukuran populasi yang semakin lama semakin meningkat.

 

3 dari 6 halaman

2. Tidak dapat Bertahan dari Nuklir

Teori yang menyebut bahwa kecoak dapat bertahan dari ledakan nuklir hanyalah mitos belaka. Teori ini pertama kali muncul setelah peristiwa di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

Kala itu, kecoak adalah satu-satunya makhluk hidup yang selamat. Namun, para peneliti mematahkan mitos ini dengan menguji efek radiasi nuklir pada kecoak.

Dalam penelitiannya, mereka menemukan bahwa kecoak yang diuji tetap mati saat terkena paparan radiasi nuklur.

 

4 dari 6 halaman

3. Kecoak Bisa Masuk Celah Terkecil

Sama seperti tikus, kecoak juga mampu menembus cela-cela terkecil pada rumah Anda. Maka dari itu, Anda patut berhati-hati.

Faktanya, kecoak bisa masuk melalui sebuah celah yang punya ukuran seperempat dari ukuran badannya. Ada sejumlah cara yang bisa mereka lakukan demi menembus pembatas.

Tak hanya rumah, kasus kecoak masuk ke dalam telinga hingga ke organ tubuh manusia lainnya juga kerap terjadi.

5 dari 6 halaman

4. Dapat Bertahan Selama Seminggu Tanpa Kepala

Salah satu kemampuan yang dimiliki hewan satu ini adalah dapat bertahan hidup selama satu minggu tanpa kepala.

Alasan ini bisa terjadi lantaran kecoak tidak memerlukan mulut atau hidung untuk bernapas. Sebaliknya, mereka menggunakan spiracles (lubang kecil) di tubuh mereka untuk menghirup oksigen.

Lewat organ ini pula, mereka bisa bertahan hidup yanpa makanan selama satu bulan dan bertahan hidup selama satu minggu tanpa kepala.

 

6 dari 6 halaman

5. Bisa Tahan Napas Hingga 40 Menit

Hal mengesankan sekaligus mustahil yang dimiliki oleh seekor kecoak adalah dapat menahan napas selama 40 menit dan dapat bertahan di dalam air selama 30 menit.

Kemampuan kecoa untuk menahan nafas dalam jangka waktu lama diyakini sebagai hasil kerja dari organ tubuhnya.

Tidak seperti kita, kecoak tidak menggunakan mulut mereka untuk bernafas tetapi menggunakan tabung kecil di tubuh yang disebut spiracle.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.