Sukses

Ini Nama 8 WNI Korban Kapal Tenggelam di Samudra Atlantik Dekat Argentina

Liputan6.com, Buenos Aires - Kedutaan Besar RI di Buenos Aires telah merilis identitas delapan anak buah kapal (ABK) berstatus WNI yang berhasil diselamatkan dalam insiden tenggelamnya kapal ikan di Samudra Atlantik dekat Argentina.

Sebelumnya, pihak KBRI menerima kabar dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina bahwa Kapal Nelayan Dorneda berbendera Spanyol tenggelam di Samudra Atlantik pada 12 Juli 2018.

Di antara 27 kru kapal, 25 orang berhasil diselamatkan, termasuk delapan anak buah kapal (ABK) yang berstatus WNI.

Delapan WNI tersebut antara lain:

1. Washadi

2. Yusuf Irfanto

3. Dian Hariman

4. Sultoni

5. Nanang Hidayatuloh

6. Mufarikhun

7. Wawan Setiawani

8. Sudarmanto Masuridin

Menurut keterangan dari Duta Besar RI untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie, kepada Liputan6.com (18/7/2018), tujuh WNI (nomor 1-7) telah dievakuasi oleh otoritas dan kini berada di Montevideo, Uruguay.

"Mereka (WNI nomor 1-7) tengah menunggu proses kepulangan ke Indonesia. Saat ini tengah diinapkan di hotel. Kondisi mereka semua sehat walaupun masih trauma," kata Dubes Niniek.

Sementara itu, satu ABK sisanya, Sudarmanto Masuridin, dievakuasi ke lokasi yang terpisah dari tujuh WNI lain.

"Yang bersangkutan (Sudarmanto) sudah dievakuasi dan kini berada di Mar del Plata, Argentina. Malam ini (17 Juli) sudah dipulangkan langsung ke Indonesia dalam kondisi yang sehat," ucap sang Dubes RI untuk Argentina.

Niniek menjelaskan, para ABK WNI tersebut berasal dari daerah Kabupaten Tegal, Pemalang, dan Brebes, Provinsi Jawa Tengah.

 

Simak video pilihan berikut:

1 dari 2 halaman

Tenggelam Dekat Laut Argentina

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KBRI Buenos Aires menerima informasi dari Kementerian Luar Negeri dan Agama Republik Argentina bahwa Kapal Nelayan Dorneda berbendera Spanyol tenggelam di Samudra Atlantik pada 12 Juli 2018.

Di antara 27 kru kapal, 25 orang berhasil diselamatkan, termasuk delapan ABK yang berstatus WNI.

Sementara itu, belum diketahui nasib serta identitas dua kru kapal Dorneda lain yang masih hilang.

Pusat Koordinasi Penyelamatan Maritim (MRSC) dan Angkatan Laut Argentina yang berbasis di Belgrano, Argentina mendapati radio suar darurat (EPIRB) yang diaktifkan oleh kapal Dorneda pada 10 Juli 2018 pukul 22.00 waktu setempat.

"Kapal tersebut berada sekitar 308 mil laut dari kota pelabuhan Comodoro Rivadavia (Argentina selatan). Dua kapal terdekat, Beagle I dan Farruco kemudian diperintahkan untuk mendatangi lokasi kapal Dorneda," demikian penjelasan pihak Kemenlu Argentina kepada KBRI Buenos Aires, seperti dikutip dari Kemlu.go.id.

Kapal Beagle I berhasil menyelematkan sembilan kru Dorneda, termasuk satu ABK WNI. Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Mar del Plata, Argentina, pada Minggu, 15 Juli 2018 sore hari waktu setempat.

Sementara tu, Kapal Farruco berbendera Spanyol berhasil menyelematkan 23 kru Dorneda, termasuk 7 ABK WNI. Mereka dievakuasi ke Pelabuhan Montevideo, Uruguay pada Minggu 15 Juli 2018 pukul 10.00 waktu setempat.

"KRBI Buenos Aires tengah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk otoritas di Argentina dan Uruguay untuk membantu pemulangan seluruh ABK WNI untuk kembali pulang," kata Duta Besar RI untuk Argentina Niniek Kun Naryatie seperti dikutip dari Kemlu.go.id.

Artikel Selanjutnya
8 WNI Selamat dalam Insiden Kapal Tenggelam di Samudera Atlantik Dekat Argentina
Artikel Selanjutnya
Didominasi Negara Eropa, Tim Amerika Latin Meredup di Piala Dunia 2018