Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Coba Gunakan 8 Tanaman Ini, Nyamuk Pasti Menjauh

Liputan6.com, Jakarta - Gigitan nyamuk tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga menimbulkan risiko kesehatan yang cukup membahayakan. Serangga yang satu ini kerap dianggap sebagai keluarga hewan paling mematikan di dunia dan menularkan penyakit yang sangat berbahaya seperti malaria, demam kuning, Chikungunya, virus West Nile, demam berdarah, filariasis, dan virus Zika.

Nyamuk tertarik pada manusia dan hewan lain oleh aroma karbon dioksida dan wewangian menggoda lainnya yang dipancarkan tubuh. Semakin tinggi kadar zat tersebut, makan serangga itu akan kian mendekat.

Untungnya, ada aroma yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia. Alami. Apa saja?

Berikut delapan tanaman yang menghasilkan aroma alami untuk mengusir nyamuk, Liputan6.com kutip dari Bright Side, Minggu (15/7/2018):

1. Lavender

Keharuman yang menenangkan dari lavender ternyata ampuh dianggap sebagai pengusir nyamuk. Sebagai bonus tambahan, bunga ini juga memiliki sifat antijamur dan antiseptik.

Selain wanginya yang menenangkan, minyak lavender juga bermanfaat untuk perawatan wajah maupun kecantikan.

Anda dapat menanamnya di kebun atau pot yang terletak di dekat pintu dan jendela, guna mencegah nyamuk masuk ruangan.

Untuk perlindungan yang lebih baik, gosokkan bunga ke kulit Anda untuk melepaskan minyaknya.

2. Marigold

Marigold adalah bunga yang mudah tumbuh dan mengandung thiophenes, senyawa dengan sifat pengusir serangga. Efektif dalam mencegah nyamuk, kutu daun, hama thrips, lalat putih, Mexican bean beetles, serangga labu, dan cacing tanduk tomat.

Hamparan bunga marigold di Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, membuat mata takjub. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Sudahkah Anda mencoba salah satu dari pengusir nyamuk alami ini? Atau mungkin Anda tahu tanaman lain yang harus ditambahkan ke daftar?

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 3 halaman

Tanaman Untuk Masakan

3. Basil atau kemangi

Basil tidak hanya memiliki rasa yang lezat saat dimakan, tapi ternyata juga mampu mengusir nyamuk secara alami. Caranya?

Belakangan ini, orang-orang mulai kerajingan menanam tanaman asal mancanegara, seperti mint, rosemary, basil, dan sebagainya.

Bau menyengat yang berasal dari daunnya, membuat nyamuk lebih memilih untuk tidak mendekatinya. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan aroma itu berpotensi beracun bagi nyamuk.

4. Rosemary

Tanaman ini biasanya digunakan untuk membumbui masakan, tetapi aroma kayu yang timbul dari tanaman tersebut juga efektif mengusir nyamuk, ngengat kubis, dan lalat wortel.

Rosemary juga bagus ketika Anda ingin menikmati api unggun tanpa nyamuk. Taruh saja daun rosemary di api dan aroma yang dihasilkannya akan mengusir nyamuk yang menjengkelkan.

5. Peppermint

Ramuan lain yang juga kerap digunakan dalam bidang kuliner dan mampu mengusir nyamuk adalah peppermint atau daun mint.

Ilustrasi minuman lemon dan mint (Pixabay)

Penelitian telah menemukan bahwa minyak peppermint dapat mencegah malaria, filaria dan vektor demam kuning untuk jangka waktu 60-180 menit.

3 dari 3 halaman

Tanaman Hias

6.Pennyroyal

Pennyroyal adalah pengusir nyamuk alami yang terkenal. Mengantongi batang tanaman yang dihancurkan membuat nyamuk akan menjauhi Anda. Coba saja!

Anda dapat menanamnya di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk masuk.

7. Geranium

Geranium adalah tanaman hias yang sangat menarik yang juga dapat mencegah nyamuk dan beberapa jenis hama.

Tak hanya mampu tumbuh cepat di wilayah hangat, cerah, iklim kering, tanaman itu juga bisa berkembang di tempat yang lebih dingin dan harus sering dipangkas.

8. Catnip

Kucing peliharaan Anda tidak hanya akan berterima kasih karena Anda memiliki tanaman catnip di kebun, nyamuk pun menjauh karenanya.

Penelitian menunjukkan bahwa catnip sekitar 10 kali lebih efektif daripada DEET dalam mengusir nyamuk.

DEET (diethyl-meta-toluamide) adalah bahan aktif yang paling umum untuk mengusir serangga, biasanya dikenakan pada kulit atau pakaian.

Loading
Artikel Selanjutnya
NASA Ajak Mitra Internasional Jelajahi Bulan
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Kenapa Bulan Masih Muncul pada Siang Hari Selama Oktober