Sukses

Bali hingga Italia, 8 Lokasi Kisah Selfie Ekstrem Berujung Kematian

Gara-gara selfie ekstrem, sejumlah pelakunya dari beberapa penjuru dunia ini dilaporkan meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Konon sudah ada ribuan laporan dari seluruh dunia tentang seseorang yang kehilangan nyawa karena mencoba melakukan selfie atau swafoto yang sempurna. Terkadang alasannya demi mendapatkan like dari para pengikutnya di media sosial agar viral. Miris.

Belakangan ini, kegiatan mengambil foto sendiri itu telah berkembang ke tingkat yang lebih ekstrem. Malangnya, kebanyakan dari selfie yang demikian ini kerap berujung maut.

Sejatinya tak akan ada 'like' yang banyak jika Anda sudah tiada. Baca dan renungkan daftar orang-orang yang meninggal dunia karena berusaha melakukan selfie nekat dari seluruh dunia, yang dirangkum Liputan6.com dari beragam sumber, Minggu (1/7/2018):

1. Bali, Indonesia

Seorang warga Singapura meninggal dunia akibat terjatuh dari tebing ketika hendak mengambil foto narsis di sebuah pulau di lepas pantai Bali, Indonesia.

Dikutip The Guardian, Jumat 22 Mei 2015, Mohamed Aslam Shahul, 21, tewas setelah keseimbangannya hilang dan terjatuh ke laut dari sebuah tebing setinggi 2 meter. Katika itu ia tengah berlibur bersama 8 temannya di Sandy Bay Beach di Nusa Lembongan.

"Ia terpeleset dan jatuh ke laut. Rupanya dia tidak bisa berenang."

2. Houston, Amerika Serikat

Pada 1 September 2015, melalui ABC 13, seorang remaja berusia 19 tahun dilaporkan meninggal dunia gara-gara tak sengaja menembak dirinya saat selfie.

Insiden nahas itu terjadi di sebuah apartemen di Taman Forum Houston, Amerika Serikat. Polisi mengungkapkan bahwa Deleon Smith menemukan senjata tersebut dan sedang mengambil selfie bersama saudaranya.

Smith meninggal dunia, ketika sedang mengunggah ke media sosial ketika remaja tersebut tak sengaja menembak diri sendiri dan tewas. Polisi telah menyita ponselnya sebagai bagian dari penyelidikan.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gunung Merapi hingga Rumania

3. Gunung Merapi, Indonesia

Sementara itu, seorang mahasiswa Atmajaya di Jakarta, Indonesia ditemukan tewas oleh tim SAR setelah terjatuh ke kawah Gunung Merapi. Mahasiswa bernama Eri Yunanto itu melakukan pendakian bersama rekan-rekan mahasiswanya.

Senin 18 Mei 2016, Erianto terjatuh dari Puncak Garuda. Ia menantang dirinya untuk naik setelah melihat orang lain berhasil mengambil selfie.

Namun nasibnya nahas, ketika pendaki pemula itu menuruni puncak. Ia terjatuh ke kawah sedalam 200 meter, karena merasa tidak percaya diri dan ragu ketika turun dari Puncak Garuda.

4. Spanyol

Di tempat lain, seorang mahasiswi kedokteran meninggal dunia setelah terjatuh 4,5 meter dari sebuah jembatan setelah berusaha mengambil foto dirinya sendiri.

Saat berlibur ke Spanyol, Sylwia Rajchel, 23 tahun, berusaha menngambil selfie ketika ia terpeleset dan jatuh. Ia mendarat di kaki jembatan Puente de Triana yang keras di Seville, Spanyol Selatan.

Menurut laporan New York Daily News, Rabu 5 November 2014, Rajchel sedang menyeimbangkan dirinya di tepi jembatan ketika insiden terjadi lepas tengah malam.

5. Filipina

Lainnya, pelajar berusia 14 tahun ini terjatuh dan meninggal dunia setelah hilang keseimbangan ketika mengambil selfie dirinya dan seorang teman di atas tangga di sekolahnya di Pasig City, Filipina.

Dikutip dari Gulf News ,Jumat 4 Juli 2014, insiden terjadi ketika Marie Rocello mengambil selfie bersama temannya namun tiba-tiba ia kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

Gadis tersebut jatuh dari tangga menuju lantai 3 di SMA Rizal, mengakibatkan sejumlah cedera parah yang berujung kepada kematiannya.

6. Rumania

Seorang remaja asal Rumania juga menjadi korban selfie ekstrem. Ia terbakar setelah secara tidak sengaja menyentuh kabel ketika hendak mengambil foto diri di atas sebuah kereta yang melaju.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa 12 Mei 2015, Anna Ursu yang berusia 18 tahun dan seorang temannya pergi ke sebuah stasiun kereta di Kota Isai untuk melakukan selfie ekstrem yang hendak diunggah ke Facebook.

Ketika ia rebahan di atas kereta, salah satu kakinya menyentuh kabel listrik, mengakibatkan 27.000 volt listrik mengalir dan membakar tubuhnya.

Kendati melakukan upaya untuk menyelamatkan nyawanya, gadis berusia 18 tahun tersebut meninggal dunia di rumah sakit dengan luka bakar pada 50 persen tubuhnya.

3 dari 3 halaman

Colorado hingga Italia

7. Colorado, Amerika Serikat

Di bagian lain Amerika Serikat, seorang pilot dari pesawat kecil dilaporkan kerap mengambil selfie dalam sejumlah penerbangan keliling Bandara Colorado pada 2014, sebelum lepas kendali dan mengakibatkan dirinya dan seorang penumpang lainnya tewas seketika.

Menurut laporan National Transportation Safety Board, pilot berusia 29 tahun pesawat Cessna 150 itu kehilangan kendali pesawat dan terjatuh dekat Watkins, Colorado.

Mengutip sejumlah media pada Selasa 3 Febuari 2015, pilot diketahui bernama Amritpal Singh dan penumpang berusia 31 tahun dengan identitas Jatinder Singh.

8. Italia

Ilustrasi swafoto (pixabay.com)

Lalu gara-gara asyik mencari lokasi berfoto selfie di pinggir bukit, remaja Italia jatuh dari ketinggian 18 meter. Malang, nyawanya tak bisa diselamatkan setelah terjatuh dari tebing di pinggir pantai yang berada di kota tepi laut Taranto.

Peristiwa itu berawal saat Isabella Fracchiolla sedang mencari posisi bagus, untuk berfoto selfie di pinggir laut. Gadis yang baru berusia 16 tahun itu, sedang dalam perjalanan wisata dari sekolah ke kawasan di timur laut Italia saat ajal menjemput.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat 13 Juni 2014, Isabella yang mengalami cedera pada tulang paha, panggul dan kepala sempat dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah terjatuh. Di mana ia menjalani operasi besar, namun nyawanya tak tertolong karena lukanya terlalu parah.

Aksi selfie ini memang sedang tren, bahkan pelakunya berasal dari beragam kalangan. Tak terkecuali presiden, seperti yang dilakukan Obama saat selfie bersama PM cantik Denmark, Helle Thorning-Schmidt.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.