Sukses

Sejumlah Mobil Peninggalan Raja Hussein Dipamerkan

Untuk mengenang sang ayahanda, Raja Abdullah II dari Yordania memamerkan sejumlah mobil peninggalan Raja Hussein di museum khusus di Kota Amman. Cadillac produksi 1916 adalah mobil tertua.

Liputan6.com, Amman: Raja Abdullah II dari Yordania, baru-baru ini, membuka sebuah museum khusus yang memamerkan beragam jenis mobil dan motor milik ayahandanya, mendiang Raja Hussein. Museum yang berada di Kota Amman tadi, sengaja dibangun untuk mengenang Raja Hussein, sekaligus memperingati Hari Kemerdekaan ke-56 Yordania. Selain kendaraan bermotor, museum memamerkan pula seluruh medali dan penghargaan bagi Raja Hussein yang berkuasa selama 40 tahun.

Di dalam museum terdapat puluhan jenis kendaraan, termasuk jenis amfibi milik Raja Hussein yang dikenal sebagai tokoh perdamaian di Timur Tengah. Sebagian besar koleksi museum ini merupakan mobil-mobil kerajaan bernilai historis. Sebut saja, sederet mobil yang digunakan saat arak-arakan perayaan naik tahta dan pernikahan sang raja atau putra-putri kerajaan bekas jajahan Inggris itu. Juga kendaraan yang khusus untuk menikmati waktu santai para anggota Kerajaan Yordania.

Sementara mobil kesayangan mendiang Raja Hussein adalah sebuah Mercedez Benz 300 keluaran 1968. Mobil inilah yang sempat menjadi saksi bisu insiden percobaan pembunuhan terhadap Raja Hussein, sekitar 30 tahun silam. Sedangkan beberapa mobil lainnya adalah hadiah dari beberapa kepala negara sahabat. Misalnya, sedan Cadillac dari Presiden Amerika Serikat Dwight D. Eisenhower, Rolls Royce pemberian Raja Fahd asal Arab Saudi, dan sebuah mobil sport pemberian Uni Emirat Arab yang digunakan Raja Hussein dalam berbagai balap mobil.

Dari sekian Cadillac yang dipajang di museum tersebut, satu di antaranya merupakan mobil tertua. Cadillac tua buatan AS yang diproduksi pada 1916 itu mempunyai delapan silinder dengan kecepatan maksimum 75 kilometer per jam. Juga terdapat sebuah mobil buatan Paman Sam lainnya, yang mempunyai arti khusus dalam kehidupan Raja Husein yang mangkat pada 7 Februari 1999. Mobil ini tak lain adalah sebuah Lincoln produksi 1961 yang dipergunakan membawa beberapa pengantin kerajaan. Di antaranya, Raja Husein saat menikah dengan Ratu Noor Muna. Juga, Raja Yordania saat ini, yakni Raja Abdullah II dan Ratu Rania.(ANS/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini