Sukses

Pertunjukan Teater Ini Gratis untuk Penonton yang Pakai Lambang Swastika

Tiket gratis ini ditujukan untuk menonton pertunjukan teater dengan judul yang sama dengan buku karya Adolf Hitler, "Mein Kampf".

Berlin - Beredar informasi bahwa tersedia tiket gratis nonton teater di Kota Konstanz di selatan Jerman, bagi mereka yang memakai lambang Nazi. Kendati demikian, belakangan tempat pertunjukan itu justru tengah diinvestigasi oleh pihak berwenang terkait hal tersebut.

Seperti diberitakan DW yang dikutip Rabu (18/4/2018), tiket gratis ini ditujukan untuk menonton pertunjukan teater dengan judul yang sama dengan buku karya Adolf Hitler, "Mein Kampf".

Juru bicara kantor jaksa penuntut umum di Kota Konstanz menyatakan, mereka menerima banyak komplain tentang promosi teater tersebut. Menurut undang-undang Jerman, memakai simbol Nazi di tempat umum adalah tindakan ilegal.

Melalui situs teater tersebut, merujuk aksi kejam Hitler di peristiwa Holocaust, dituliskan "Mein Kampf" akan dipertunjukkan pada tanggal 20 April, yang juga adalah hari ulang tahun sang diktator. Pengunjung yang mau menonton secara gratis dijanjikan akan diberikan gelang dengan lambang swastika sebelum pertunjukan dimulai.

Sementara itu, mereka yang membeli tiket akan diminta untuk mengenakan simbol Bintang David sebagai tanda solidaritas untuk korban aksi barbarisme".

Jaksa penuntut umum akan memutuskan apakah aksi teater ini dilindungi undang-undang kebebasan kreasi seni Jerman.

Tawaran yang Tidak Sensitif

Perkumpulan Masyarakat Jerman-Israel menyatakan tawaran ini tidak sensitif. Teater yang bersangkutan mempertahankan ide tersebut dan mengatakan bahwa eksperimen sosial ini dimaksudkan untuk menunjukan betapa mudahnya mengubah karakter seseorang.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang mau memakai lambang dari bagian sejarah paling buruk Jerman hanya untuk mendapatkan tiket gratis.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.