Sukses

Terkuak, Paus Sperma di Spanyol Mati Usai Telan Tas Kresek dan Sedotan

Kemungkinan paus sperma itu mati karena peritonitis, sebuah peradangan jaringan yang melapisi perut, yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau lubang di usus.

Liputan6.com, Murcia - Pada Februari 2018 lalu, warga dan petugas mercusuar di sebuah pantai di Murcia, Spanyol, dibuat kaget. Pasalnya, mereka menemukan seekor paus sperma terdampar, sekarat dan tak lama kemudian mati.

Setelah autopsi, ternyata, paus sperma yang diketahui masih remaja itu mati karena terdapat 30 kg sampah di dalam perutnya.

Dalam perut paus sepanjang 10 meter itu, ditemukan tas plastik, sedotan, tali, jaring, dan potongan plastik lainnya.

Menurut dokter dari El Valle Wildlife Recovery Centre yang mengautopsi paus mengatakan, hewan malang itu tidak mampu mencerna atau mengeluarkan sampah yang mengakibatkan kematiannya. Demikian seperti dikutip dari ABC.net.au pada  Kamis (12/4/2018)

Kemungkinan paus sperma itu mati karena peritonitis, sebuah peradangan jaringan yang melapisi perut, yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau lubang di usus.

Paus sperma kebanyakan makan cumi-cumi raksasa, dan kerap menyelam sedalam hampir 1 kilometer untuk mencari makanan.

Mereka juga sesekali makan gurita, hiu kecil, kepiting, udang dan ikan.

Sejauh ini Departemen Pariwisata setempat telah meluncurkan kampanye anti-sampah untuk mencoba mengurangi jumlah sampah yang tersisa di perairan Murcia.

"Kehadiran plastik di laut dan lautan adalah salah satu ancaman terbesar bagi pelestarian satwa liar di seluruh dunia," kata Consuelo Rosauro, dari Pemerintah Murcian.

"Banyak hewan terperangkap di tempat sampah atau menelan sejumlah besar plastik yang akhirnya menyebabkan kematian mereka."

Polusi plastik adalah masalah besar bagi laut. Tak terkecuali Indonesia dan Australia.

Bulan lalu seorang penyelam berbagi video tentang plastik mengambang di tempat menyelam yang populer di Bali, mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat sesuatu seperti itu sebelumnya.

Dan awal tahun ini, relawan proyek pembersihan bawah tanah di Manly Cove, Australia menemukan gurita memegangi sedotan plastik di tentakelnya.

Kampanye kesadaran tentang bahaya plastik bagi ekologi laut telah bergulir sejak lama. Terutama karena sejumlah hewan laut, terutama paus sperma tidak sadar telah menelan kantong-kantong plastik yang mengapung sampai ke laut.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

13 Paus Sperma Mati dengan Lambung Dipenuhi Plastik

Kematian paus sperma dengan lambung penuh plastik telah menjadi masalah pelik. Pada 2016, sedikitnya 13 ekor mamalia ditemukan mati dengan dengan perut penuh plastik di Toenning di Schleswig-Holstein, Jerman.

Para ilmuwan menduga mereka menderita serangan jantung yang diakibatkan oleh kelaparan.

"Temuan ini menunjukkan kepada kita tentang masyarakat yang tergila-gila pada plastik," kata Robert Habeck, Menteri Lingkungan Hidup Schleswig-Holstein Robert Habeck.

"Hewan-hewan itu secara tidak sadar menyantap plastik dan sampah plastik yang menyebabkan mereka menderita. Dan, paling buruknya, kelaparan. Mereka merasa lambung penuh sehingga tak bisa makan.”

Semua paus itu berkelamin jantan, berusia antara 10 hingga 15 tahun, dengan berat antara 32 hingga 41 ton. Para pakar menduga badai di kawasan timur laut Atlantik menghanyutkan sumber makanan paus ke Laut Utara.

Paus-paus itu mengikuti sumber makanan mereka dan terdampar di perairan dangkal sehingga kelaparan sampai akhirnya mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.