Sukses

Meski Penuh Karat, Bangkai Mobil Porsche Ini Dijual Rp 9,5 Miliar

Liputan6.com, Amelia Island - Sebuah bangkai mobil Porsche tipe Carrera Coupe tahun produksi 1957 yang pekan ini tengah dilelang di Amelia Island, Florida, Amerika Serikat, tetap dipatok dengan harga selangit -- meski kondisinya tak sedap dipandang, bahkan tak aman untuk dikemudikan.

Pihak pelelang mematok harga US$ 691 ribu atau setara Rp 9,5 miliar untuk Porsche 356A 1500GS Carrera Coupe berwarna perak yang kusam, rontok, tak terawat, dan berkarat itu. Demikian seperti dikutip dari Daily Record (5/3/2018).

Mobil itu juga telah ditelantarkan sejak tahun 1970-an, karena tak lolos uji inspeksi standar keselamatan otoritas lalu lintas -- akibat sistem pengereman yang malfungsi.

Pihak pelelang mengatakan, alasan yang membuat harga Porsche itu tetap tinggi adalah; proses penuaan alami yang dialami oleh mobil tersebut tanpa terjamah sama sekali oleh proses-proses restorasi. Dan, faktor itu semakin menambah nilai kelangkaannya.

"Menemukan satu yang seperti itu, yang sudah jarang terlihat sejak 40 tahun terakhir dan tetap memiliki karakter yang orisinal, menjadi nilai tersendiri," kata David Brynan dari Gooding & Company, pihak pelelang.

Brynan juga memperkirakan, Porsche -- yang mesinnya telah dipisahkan -- itu bisa terjual dari harga yang telah dipatok perusahaannya.

Meski terpisah dari body, mesin itu tetap termasuk dalam transaksi penjualan.

Namun diperkirakan, calon pembeli terpaksa merogoh kocek tambahan untuk menginstalasi kembali mesin, dan tentunya, merestorasi seluruh mobil Porsche antik itu. Tertarik?

1 dari 2 halaman

Porsche Langka Tabrak Pagar Kantor Lurah

Jika Porsche jadul dan berkarat di atas tetap berharga tinggi saat dilelang, bagaimana dengan varian yang satu ini ya?

Sebuah Porsche klasik mengalami kehilangan kendali dan menabrak pagar Kantor Lurah Pulo di Jalan Prapanca, Jakarta Selatan, Kamis 4 Januari 2017 silam.

Dalam foto-foto yang diunggah akun instagram @jktinfo, tampak kerusakan parah pada bodi samping kiri dan buritan kanan.

Tidak cuma itu, bagian kaki-kaki mobil sport yang diperkirakan Porsche 911 Carrera classic cabriolet tersebut juga rusak.

Dari informasi yang Liputan6.com himpun, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Mobil langka tersebut melaju dari arah Kemang lalu kehilangan kendali hingga akhirnya pindah lajur dan berhenti setelah menabrak pagar Kantor Lurah Pulo.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu.

Lantas, jika dijual, kira-kira berapa harga Porsche penyok penabrak kantor kelurahan itu ya?

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Unik Mahasiswa Akuntansi yang Wajib Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya
Suzuki Baleno Mendarat di Atap Rumah, Kok Bisa?