Sukses

5 Benda Aneh di Rusia Ini Bakal Bikin Anda Bingung

Liputan6.com, Moskow - Rusia adalah salah satu negara di dunia yang multikultural. Salah satu budaya yang mendominasi di sana adalah budaya Gereja Ortodoks Yunani yang telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan rakyat Negeri Beruang Merah.

Selain itu, keragaman Rusia ditambah dengan adanya kebudayaan Slavia yang Ortodoks, Tatar yang Islam, suku Buryat yang nomaden, dan paganisme.

Rusia juga tercatat sebagai negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Negara ini punya 147 juta penduduk, Lapangan Merah, Lenin, dan Danau Baikal.

Negara ini pula yang pertama kali mengirim manusia ke ruang angkasa, punya segudang besar cadangan minyak mentah, dan sang Presiden Vladimir Putin.

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Rusia, maka jangan kaget apabila kerap menemukan benda-benda yang terlihat aneh. Benda tak lazim ini punya fungsinya masing-masing.

Meski terlihat agak aneh, maka itulah Rusia. Negeri dengan keragaman budaya ini punya cerita-cerita yang unik untuk ditelusuri.

Seperti dikutip dari laman RBTH Indonesia, Kamis (15/2/2018), berikut 5 benda aneh di Rusia yang akan membuat Anda bingung:

2 dari 6 halaman

1. Tong Hitam di Kereta Bawah Tanah

Dalam sistem kereta bawah tanah Moskow, Saints Peterburg, Novosibirsk, dan Nizhny Novgorod, Anda dapat melihat tong logam hitam kokoh di setiap stasiun. Mereka bukan ruang penyimpanan untuk ember dan pel, atau kendaraan transportasi rahasia - mereka sebenarnya ada hubungannya dengan keamanan nasional.

Wadah anti-ledakan ini adalah mekanisme anti-teroris, terbuat dari baja. Jika ada benda mencurigakan ditemukan di kereta bawah tanah, staf harus memasukkannya ke dalam wadah ini. Setelah itu, mereka dibawa ke tempat latihan militer di mana mereka dinetralisir (jika ia ternyata peledak).

Alat pencegahan ini sekarang diwajibkan menyusul serangan teroris di Moskow dan Saints Peterburg.

3 dari 6 halaman

2. ATM bukan Seperti ATM

Benda ini mungkin terlihat seperti ATM, tapi tidak dalam beberapa kasus. Mesin ini adalah peninggalan dari tahun 2000-an, ketika mereka digunakan untuk mengisi pulsa ponsel.

Sekarang, sebagian besar mesin ini dikendalikan oleh satu perusahaan pembayaran, QIWI, dan digunakan oleh orang-orang yang belum belajar membayar tagihan secara online.

Pajak dan biaya kota dan negara bagian, TV kabel dan satelit - semua ini dapat dibayar menggunakan benda ini.

 

4 dari 6 halaman

3. Lubang Ventilasi

Pernah melihat pipa dengan lubang ventilasi mencuat dari tanah? Ada lima variasi struktur ini, tapi semua fungsinya sama dan menandai adanya struktur bawah tanah.

Jika konstruksinya besar, biasanya untuk ventilasi kereta bawah tanah. Tapi jika ia lebih kecil, Anda bisa cari tahu sendiri - jika tidak ada jalur kereta bawah tanah di dekatnya, maka ventilasi itu kemungkinan besar terhubung ke tempat penampungan bom bawah tanah atau sebuah instalasi rahasia, yang jumlahnya melimpah di Moskow.

Bahkan jika poros ventilasi cukup besar, kami tidak menyarankan Anda melihatnya - semua ventilasi ini dipantau dengan saksama.

5 dari 6 halaman

4. Papan Merah dan Biru di Kereta Bawah Tanah

Papan berwarna merah dan biru yang berdiri di pusat setiap stasiun kereta bawah tanah di Moskow ini sebenarnya merupakan gabungan perhentian darurat dan informasi.

Anda bisa melihat peta kereta bawah tanah; Anda juga bisa memanggil petugas dan menanyakan arah, dan yang terakhir, Anda bisa menekan alarm jika melihat ada yang mencurigakan.

Tapi, di Moskow orang-orang kebanyakan menggunakan tempat ini sebagai titik temu.

 

6 dari 6 halaman

5. Cairan Biru di Pinggir Jalan

Botol yang terbuat dari plastik lima liter dengan cairan biru atau kuning di dalamnya ini sering disorot dengan lampu gantung portabel atau lampu depan mobil, dan orang yang tampak mencurigakan selalu berada di dekatnya

Tenang, mereka bukan dari serial Breaking Bad, melainkan orang yang menjual pembersih kaca depan untuk mobil.

Apalagi saat musim dingin di Rusia, saat kondisi jalanan mengerikan, banyak cairan pencuci diperlukan untuk mengatasi kotoran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
15-2-1950: Uni Soviet dan China Teken Kerja Sama Pertahanan
Artikel Selanjutnya
Kesalahan Pilot Diduga jadi Penyebab Kecelakaan Pesawat Rusia