Sukses

Buaya Putih Langka Menampakkan Diri di Australia

Seekor buaya putih langka terlihat oleh ahli ekologi Shai Ager saat sedang berlayar di Adelaide River pada 7 Januari 2018.

Liputan6.com, Darwin - Seekor buaya putih langka terlihat di Adelaide River, Darwin, Australia Utara.

Buaya itu terlihat oleh ahli ekologi Shai Ager saat sedang berlayar di sungai tersebut pada 7 Januari 2018. Reptil itu dikenal dengan sebutan "Pearl".

"Kami melihat buaya albino putih, sepengetahuan saya, buaya ini terlihat akhir November lalu dan banyak orang tak yakin apakah masih hidup atau tidak, jadi sangat bagus untuk melihat bahwa ia masih hidup dan sekarang panjangnya sudah hampir tiga meter," kata Shai seperti dikutip dari ABC Australia Plus, Selasa (9/1/2018).

Kawasan perairan Adelaide River juga menjadi rumah bagi seekor buaya air asin sepanjang 4,5 meter dengan kepala albino yang mendapat julukan Michael Jackson. Ia diburu dan dibunuh setelah mengambil seorang nelayan di tahun 2014.

Saat Michael Jackson tewas, seorang ahli mengatakan bahwa buaya tersebut memiliki keunikan satu dari sejuta.

Diyakini, Pearl memiliki kekerabatan dengan Michael Jackson yang dipercaya umurnya sekarang telah mencapai antara 40 hingga 60 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buaya Putih nan Langka

"Tidak hanya kepala, seluruh tubuhnya berwarna putih," kata Shai merujuk pada buaya albino bernama Pearl.

"Ada bintik hitam, tapi tidak seperti buaya (bernama) Michael Jackson sebelumnya," imbuh dia.

"Jadi banyak orang mengatakan mungkin ia adalah anak atau kerabat jauh buaya Michael Jackson, yang sangat istimewa bagi banyak pemerhati alam dan ilmuwan."

"Buaya albino yang bertelur dan menetas adalah hal biasa, tapi tidak biasa jika mereka bertahan hidup sampai dewasa."

"Mereka mungkin tidak terlalu langka saat muda, tapi kebanyakan tidak bertahan hingga mencapai dewasa, jadi melihat buaya ini sepanjang tiga meter di alam bebas, sungguhlah menakjubkan, meski jarang," katanya.

Buaya Michael Jackson tersebut terkenal di kalangan warga setempat, operatur tur, peneliti. Namun, Pearl diketahui merupakan buaya baru di daerah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini