Sukses

148 Batu Empedu Ditemukan di Tubuh Wanita India Ini, Penyebabnya?

Dokter di Jyoti Hospital, Madhya Pradesh, India, mengangkat 148 batu empedu seukuran biji jagung dari tubuh seorang perempuan.

Liputan6.com, Indore - Dokter di Jyoti Hospital, Madhya Pradesh, India, mengangkat 148 batu empedu seukuran biji jagung dari tubuh seorang perempuan bernama Huma Bai.

Perempuan yang diperkirakan berusia 40 hingga 50 tahun itu telah mengeluhkan sakit perut selama lebih dari satu tahun. Akhirnya, ia dibawa ke rumah sakit, di mana dokter menemukan lebih dari 100 batu empedu di tubuhnya.

Dalam operasi yang berlangsung selama satu setengah jam itu, tim dokter mengambil batu tersebut dari empedu Bai satu per satu.

Dokter memperkirakan bahwa batu empedu itu terbentuk karena Bai gemar makan-makanan berminyak.

Meski tak jelas seberapa serius kondisi Bai, batu empedu menyebabkan ketidaknyamanan hebat jika memblokir saluran empedu.

"Dia telah menderita sakit perut selama lebih dari satu tahun," ujar Dr Markus Damor yang memimpin operasi tersebut, seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (23/12/2017).

"Dia mengaku telah pergi ke dokter beberapa kali, tapi tak ada yang melakukan sonografi," imbuh dia. Sonografi adalah teknik pencitraan menggunakan suara ultra untuk mencitrakan organ internal.

Menurut Damor, Bai datang ke ruamh sakit pada 8 Desember 2017. Tim medis pun melakukan sejumlah tes, termasuk cek darah. Namun, semuanya normal.

Batu empedu tersebut baru diketahui keberadaanya ketika tim medis melakukan sonografi. Namun, mereka tak menyangka batu yang ditemukan akan sebanyak itu.

"Kami melakukan operasi dan mengambil batu-batu itu satu per satu," kata Damor.

"Batu tersebut berukuran 4 hingga 6 milimeter. Kami berencana akan menganalisisnya lebih lanjut," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

806 Batu Empedu Bersarang di Tubuh, Akibat Makanan Berlemak?

Peristiwa serupa juga pernah dialami seorang nenek di China. Ia tak pernah sadar bahwa ternyata lebih dari 800 batu empedu bersarang di dalam tubuhnya.

Wanita berusia enam puluhan itu baru ke rumah sakit di Wuhan, setelah mengalami sakit perut parah.

Seperti dimuat Stomp, dokter pun segera memeriksanya dan menemukan kandung kemih si wanita itu penuh dengan batu-batu kecil. Operasi pengangkatan pun akhirnya dilakukan.

Menurut Shanghaiist, para dokter mengeluarkan sebanyak 806 batu dari dalam kandung kemih wanita China tersebut. Ukurannya berkisar dari biji wijen sampai sebesar batu kerikil.

Menurut pengakuan si wanita kepada dokternya, dia suka makan daging berlemak. Kendati demikian, tak diketahui pasti apakah itu penyebab 806 batu empedu bersarang di kandung kemihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Penyakit batu empedu atau kolelitiasis merupakan gangguan kesehatan dimana terdapat batu dalam kandung atau saluran empedu

    Batu Empedu