Sukses

Serangga 'Dunia Lain' Teror Australia, Berasal dari Indonesia?

Serangga aneh yang direkam akun Facebook Gandik dari Indonesia ini memiliki tentakel yang menjulur.

Liputan6.com, Melbourne - Rekaman serangga mirip ngengat misterius yang meregangkan tentakel berdenyut memicu kepanikan warganet di dunia maya Australia. 

Seperti diberitakan Daily Mail, Rabu (25/10/2017), makhluk aneh yang kabarnya ditemukan di Asia dan Australia ini terlihat memiliki tubuh mirip ngengat dengan empat sulur berumbai yang tumbuh keluar dari perutnya.

Banyak pengguna media sosial ketakutan setelah melihat binatang yang disebut-sebut "dari dunia lain" itu.

"Saya akan membakar rumah jika melihat binatang semacam itu," komentar salah satu netizen yang panik usai menyaksikan gambar dan rekaman serangga tersebut.

Tak lama kemudian, diketahuilah bahwa serangga itu merupakan ngengat Creatonotos. Tentakel yang menjulur sebenarnya adalah organ perasa, yang menyekresikan zat feromon untuk menarik pasangan.

Rekaman serangga aneh yang konon diabadikan di Indonesia dan diunggah ke Facebook oleh seorang pengguna bernama Gandik ini, sudah ditayangkan jutaan kali dan dibagikan ribuan kali.

"Beri dia kunci dan katakan padanya bahwa rumah itu milikmu," canda salah satu warganet yang tak kalah terkejut melihat serangga itu.

"Makhluk jahat apakah yang dikirim untuk menghancurkan kita? Aku akan meninggalkan Bumi dengan cara apa pun? timpal yang lainnya.

Ngengat Creatonotos itu umumnya banyak ditemukan di seluruh bagian utara Australia, termasuk Australia Barat, Northern Territory dan sebagian Queensland yang membentang hingga Mackay.

Berikut rekaman serangga aneh tersebut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alien?

Penampakan makhluk misterius yang terekam dan beredar di dunia maya sebelumnya pernah membuat bingung netizen Taiwan. Dalam video tersebut, terlihat sesuatu seperti binatang berwarna gelap tengah menggeliat.

Huang Meilan yang merekam makhluk misterius itu, setelah menemukannya di sela-sela bebatuan di Hsinchu, Taiwan.

"Aku terkejut menemukan binatang menyeramkan yang menggeliat itu. Belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya," ujar Meilan, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin, 29 Agustus 2017.

"Aku menemukannya di lapangan dan itu menarik perhatianku. Aneh sekali dan orang mengatakan banyak hal berbeda tentang hal itu. Tapi aku ingin tahu apa sebenarnya itu," imbuhnya.

Makhluk Misterius diduga alien di Taiwan. (Viral Press)

Setelah mengunggahnya di dunia maya, Meilan mendapat respons netizen yang menduga serangga terlihat rapuh itu adalah horsehair worms atau cacing rambut kuda yang menjadi satu.

Makhluk parasit itu terjalin menjadi satu saat mereka menggunakan jaring untuk berkembang biak.

Namun, ada pula yang memiliki gagasan yang lebih imajinatif. Beberapa orang mengatakan bahwa makhluk itu adalah serangga "spesies mutan" - atau bahkan alien yang hidup di Bumi.

"Ini bisa jadi makhluk baru yang terbuat dari mutasi genetik yang belum pernah dilihat sebelumnya. Agak aneh menyaksikannya, sepertinya bentuk kehidupan alien yang tersesat di Bumi," ungkap netizen bernama Miffy Chu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.