Sukses

Kunjungan Perdana ke RI, Qatar Teken Kerja Sama di 5 Bidang Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Emir Qatar Syekh Tamim bin Hamad al-Tsani di Istana Kepresidenan Bogor hari ini berhasil membuahkan lima bentuk kerjasama. Mulai dari bidang transportasi hingga pendidikan dan diteken oleh pejabat dari masing-masing negara.

"Seperti yang kita saksikan tadi, telah dilakukan penandatanganan lima nota kesepahaman di bidang pembentukan, bidang komite bersama, bidang transportasi udara, pendidikan, pemuda dan olahraga, dan bidang kesehatan," jelas Jokowi dalam konferensi pers bersama di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (18/10/2017).

Jokowi juga mengatakan kunjungan perdana Syekh Tamim ke Indonesia ini, membahas upaya memperkuat kerjasama antara Indonesia-Qatar di bidang infrastuktur dan pariwisata.

"Kunjungan Emir al Tsani (Syekh Tamim) juga disertai delegasi bisnis yang besar, dan paduka Yang Mulia Emir al-Tsani dan saya tadi telah membahas upaya memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur dan turisme," imbuhnya.

Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menjelaskan, pertemuan tersebut turut membahas kelanjutan investasi antara Indonesia dan Qatar. Menurut dia, Indonesia akan terus mengajak Qatar untuk melakukan dan meningkatkan investasi.

"Kerjasama investasi yang tengah berjalan termasuk antara lain Nebras Power di PT Paiton Energy senilai $USD 1,3 miliar dan dengan PT Pembangkitan Jawa-Bali membangun PLTGU senilai $USD 1 miliar," terang Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengaku senang atas kunjungan pertama Syekh Tamim ke Indonesia. Dia pun berharap agar kunjungan ini dapat memperkuat serta mempererat hubungan antara Indonesia-Qatar.

"Saya senang sekali menerima kunjungan kenegaraan yang pertama ini. Dan saya yakin kunjungan ini akan semakin memperkuat persahabatan yang saling menguntungkan bagi kedua negara dan bangsa kita," katanya.

Hubungan Indonesia dengan Qatar resmi dibangun pada tahun 1976. Kedua negara sama-sama telah menandatangani sejumlah nota kesepahaman di bidang seperti transportasi udara, pariwisata, dan kerjasama agrikultural.

Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Salah satu yang membuat Qatar menjadi negara terkaya adalah minyak dan Sumber Daya Alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sambut Emir Qatar di Istana Bogor

Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad al-Tsani di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pantauan Liputan6.com, Syekh Tamim tiba di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu pukul 10.48 WIB. Kedatangannya langsung disambut Presiden Jokowi.

Kedatangan Syekh Tamim di Istana Bogor juga disambut dengan pelajar yang memakai baju khas daerah Indonesia.

Upacara penyambutan kemudian dilakukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Di sela kunjungan ke Indonesia, Emir Qatar akan melakukan penanaman pohon di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama, veranda talk, penandatanganan nota kesepahaman atau MoU, dan diakhiri dengan jamuan makan siang.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi turut didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain itu, ada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, dan Kepala BKPM Thomas Lembong. (Lisza Egeham)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini