Sukses

Jokowi dan Emir Qatar Bahas Infrastruktur dan Pariwisata

Hubungan Pemerintah RI dengan Qatar resmi dibangun sejak 1976. Saat ini, ada sekitar 40 juta WNI bekerja di Qatar.

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini menerima kunjungan Emir Negara Qatar Syekh Tamim bin Hamad al-Tsani, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Jokowi mengaku senang atas kunjungan pertama Syekh Tamim ke Indonesia. Presiden berharap kunjungan ini dapat memperkuat hubungan antara Indonesia-Qatar.

"Saya senang sekali menerima kunjungan kenegaraan yang pertama ini. Dan saya yakin kunjungan ini akan semakin memperkuat persahabatan, yang saling menguntungkan bagi kedua negara dan bangsa kita," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/10/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, ada dua hal yang dibahas dalam pertemuan bilateral dengan Syekh Tamim, yakni infrakstruktur dan pariwisata.

"Tadi dalam pertemuan sudah dirumuskan bahwa hanya ada dua hal yang ingin kita bicarakan pada diskusi bilateral ini. Pertama, mengenai infrastruktur dan kedua mengenai pariwisata," jelas dia.

Di sela kunjungannya, Syekh Tamim menanam pohon di halaman Istana Kepresidenan Bogor. Kemudian dilanjutkan foto bersama, veranda talk, penandatanganan MoU atau nota kesepahaman, dan diakhiri jamuan makan siang.

Dalam kunjungan pemimpin Qatar ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menko Perekonomiaan Darmin Nasution, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Hadir pula, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TKI di Qatar

Indonesia dengan Qatar resmi dibangun sejak 1976. Indonesia-Qatar sama-sama telah menandatangani sejumlah nota kesepahaman di bidang transportasi udara, pariwisata, dan agrikultural.

Qatar merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Di antara hal yang membuat negara ini menjadi negara terkaya adalah minyak bumi dan sumber daya alam lainnya.

Sejumlah perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Qatar, hampir keseluruhannya terkait minyak. Seperti PT Pertamina yang beroperasi di blok perminyakan dan gas Sektor-3 Qatar.

Saat ini, ada sekitar 40 juta orang Indonesia bekerja di Qatar. Sebagian dari mereka bekerja di sektor perminyakan, sebagian lain sebagai asisten rumah tangga.

Qatar mencari pekerja yang mumpuni dan terlatih dari Indonesia, terutama pekerja di bidang perminyakan dan pengasuh anak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab
    Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab

    Qatar