Sukses

Presiden Duterte: Kim Jong-un Orang Bodoh Berpipi Tembam

Komentar kasar Presiden Filipina Rodrigo Duterte kini menargetkan Kim Jong-un. Ia bahkan menyoroti wajah tembam pemimpin Korut itu.

Liputan6.com, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte dikenal sebagai sosok yang kerap melontarkan pernyataan-pernyataan kontroversial. Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, pernah menjadi "target" Duterte.

Pada September 2016, Duterte menyebut Obama sebagai "son of a bitch". Kini, kata-kata kasar serupa ditujukan Duterte ke pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (3/8/2017), orang nomor satu di Filipina itu juga menggambarkan Kim Jong-un sebagai "orang bodoh". Pernyataan ini diungkapkan Duterte sebelum menjadi tuan rumah pertemuan internasional yang bertujuan untuk membahas uji coba rudal jarak jauh Korut.

Duterte juga mengatakan, Kim Jong-un "bermain-main dengan mainan berbahaya".

"Kim Jong-un ini...seorang yang bodoh...dia bermain-main dengan mainan berbahaya," ujar Duterte.

Tak cukup sampai di situ. Duterte juga menyoroti fisik Kim Jong-un, sesuatu yang juga kerap dilakukan sejumlah media internasional.

"Wajah tembam itu terlihat bagus, son of a bitch. Jika dia melakukan kesalahan, maka Timur Jauh akan menjadi tanah gersang," ungkap presiden Filipina itu.

"Perang nuklir ini harus dihentikan. Saya beritahu Anda, dampaknya dapat menghancurkan tanah, sumber daya alam, dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita," imbuhnya.

Korut bertekad mengembangkan rudal nuklir yang dapat menyerang Amerika Serikat. Para pejabat di Washington mengatakan, uji coba rudal jarak jauh Korut menunjukkan bahwa kemungkinan peluru kendali itu dapat menjangkau sebagian besar Negeri Paman Sam.

Tahun ini, Duterte menjabat sebagai Ketua ASEAN. Pada Senin mendatang, Menteri Luar Negeri Filipina akan menjadi tuan rumah ASEAN Regional Forum yang mempertemukan 27 negara termasuk di antaranya Australia, China, India, Jepang, Rusia, Korea Utara, Korea Selatan, dan AS.

Ternyata, ini bukan kali pertama Duterte mengomentari Kim Jong-un dengan kata-kata kasar. Dalam bocoran telepon antara Donald Trump dan Duterte terungkap, bahwa pria berjuluk "The Punisher" itu menyebut Kim Jong-un "gila" dan dunia tidak aman selama dia memiliki rudal.

"Dia tidak stabil, pak presiden, lihat saja bagaimana dia meluncurkan rudal sambil tersenyum," tutur Duterte.

 

Saksikan video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.