Sukses

India Banjir Pujian Usai Chandrayaan-3 Sukses Mendarat di Bulan dengan Biaya Rendah

Keberhasilan India dalam mendaratkan Chandrayaan-3 di bulan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan film bertema ruang angkasa Interstellar telah mengejutkan dunia.

Liputan6.com, New Delhi - Keberhasilan India dalam mendaratkan Chandrayaan-3 di bulan dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan film bertema ruang angkasa Interstellar telah mengejutkan dunia.

Hal ini lantas membawa bakat-bakat luar biasa di negara ini muncul ke permukaan.

Kemandirian India adalah alasan terbesar bagi kemajuan negara ini dalam bidang eksplorasi ruang angkasa, energi atom, dan ilmu komputer.

Setelah Chandrayaan-3 menyentuh permukaan bulan, India mengadakan perayaan yang meriah, dan banyak yang membagikan foto-foto ilmuwan India.

Hal ini merupakan pengingat akan perjuangan menyakitkan namun memuaskan yang dihadapi India untuk memasuki kelompok elit negara-negara yang pernah ke bulan, dikutip dari laman Asianlite, Selasa (5/9/2023).

Namun hal ini mendorong para ilmuwan di Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) dan lembaga India lainnya untuk mandiri.

Mantan ketua ISRO K Kasturirangan mengatakan, pendaratan di bulan telah memberikan India kemampuan yang sangat penting setelah penderitaan di masa lalu.

India tetap berhasil meskipun telah dikenakan sanksi tiga dekade lalu.

“Kami tidak diberi akses terhadap teknologi dalam energi atom, ruang angkasa, dan bidang penting lainnya. Kami tidak diikutsertakan karena kami tidak mempunyai kemampuan sendiri dan dalam beberapa hal bergantung pada kami. Pendaratan di Bulan mengubah hal itu secara permanen,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pujian dari Amerika Serikat hingga Badan Antariksa Eropa

India kini telah menjadi bagian penting dalam kelompok yang merumuskan kebijakan ruang angkasa di masa depan.

Josef Aschbacher, direktur jenderal Badan Antariksa Eropa, berkata, “Cara yang luar biasa untuk mendemonstrasikan teknologi baru dan mencapai pendaratan lunak pertama di India pada benda angkasa lain bagus sekali. Saya sangat terkesan.”

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan berkata, “Kami berharap dapat memperdalam kemitraan kami dengan India dalam eksplorasi ruang angkasa di tahun-tahun mendatang.”

Menyebut pendaratan Chandrayaan-3 bersejarah, Presiden Majelis Umum PBB Csaba Korosi mengatakan “Sebuah langkah besar bagi kemanusiaan, ilmu pengetahuan, dan inovasi.”

India adalah negara pertama yang mendarat di kutub selatan bulan, yang merupakan daerah pegunungan, kurang penerangan. Martin Barstow, direktur kemitraan strategis di Space Park Leicester, mengatakan India mencapai apa yang tidak bisa dicapai AS.

“Mendarat di kutub jauh lebih sulit dibandingkan mendarat di khatulistiwa. AS belum mendaratkan apapun di kutub di bulan.”

3 dari 4 halaman

Perkuat Posisi India di Dunia

Andrew Coates, profesor fisika di Mullard Space Science Laboratory yang berbasis di London, mengatakan bahwa pendaratan Chandrayaan-3 “memperkuat posisi mereka (India) sebagai salah satu negara penjelajah ruang angkasa utama dan merupakan pencapaian ilmiah dan teknik yang mengesankan.”

Beberapa hari sebelumnya Chandrayaan-3 mendarat, misi Rusia Luna-25 jatuh saat mendarat di bulan.

Memuji misi India, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan: “Ini adalah langkah maju yang besar dalam eksplorasi ruang angkasa dan tentu saja merupakan bukti kemajuan mengesankan yang dicapai India dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.”

India telah menjadi inspirasi bagi banyak negara berkembang bahkan maju untuk mencapai impian luar angkasanya.

Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) akan segera mengirimkan misi bulannya yang diberi nama 'Moon Sniper'. Keberhasilan Chandrayaan-3 diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di India dengan menciptakan lapangan kerja, meningkatkan investasi swasta, dan mendorong kemajuan teknologi.

 

4 dari 4 halaman

Capaian Ini Mampu Memahami Komposisi Awal Tata Surya

Ini juga akan menjadi sangat penting bagi dunia. Informasi baru yang dikumpulkan dari kawah besar di dekat kutub selatan Bulan dapat membantu memahami komposisi awal Tata Surya.

Presiden India Droupadi Murmu menegaskan bahwa misi negara ke bulan akan sangat membantu komunitas ilmiah global. “Informasi baru akan didapat dari daratan bulan,” ujarnya.

Chandrayaan-3 adalah misi bulan termurah yang pernah berhasil dilakukan. ISRO hanya menghabiskan USD 75 juta. Prestasi India telah mendorong bisnis luar angkasa dunia. Setidaknya 140 perusahaan rintisan teknologi luar angkasa didirikan di India bahkan ketika bisnis internasional sedang menjajaki aktivitas komersial di bulan.

Menariknya, Chandrayaan-3 akan membantu AS dalam rencana proyek Artemis yang bertujuan untuk mengirim astronot ke permukaan bulan. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan, “Keberhasilan Anda akan memperkuat imajinasi dan menerangi masa depan orang-orang di seluruh dunia.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.