Sukses

Selain Melania, 4 Ibu Negara AS Ini Pakai Kerudung di Vatikan

Meski tak memakai kerudung di Arab Saudi, Melania mengenakan penutup kepala saat di Vatikan. Hal serupa juga dilakukan empat pendahulunya.

Liputan6.com, Vatikan - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba di Vatikan pada 24 Mei 2017 pagi. Ia turut didampingi istrinya, Melania Trump.

Sebelumnya, pasangan ini telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi, Israel, dan Palestina.

Saat berkunjung ke Arab Saudi, Melania memutuskan untuk tak memakai kerudung. Ia memilih menggunakan baju terusan jumper celana panjang dan sabuk emas, serta membiarkan rambut cokelatnya tergerai.

Tak seperti kunjungannya ke Arab Saudi, saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, Melania memakai kerudung berwarna hitam. Ia juga mengenakan gaun hitam dengan panjang selutut.

Tak mengherankan jika pilihan berbusananya menimbulkan pertanyaan, mengingat Melania memutuskan tak memakai kerudung di Arab Saudi -- negara yang terkenal akan aturan ketatnya bagi perempuan.

Seperti dilansir CNN, Gedung Putih menjelaskan perbedaan pilihan berbusana saat Melania Trump mengunjungi Arab Saudi dan Vatikan.

"Perempuan yang bertemu dengan Paus diminta mengenakan baju formal lengan panjang berwarna hitam, dan kerudung penutup kepala," ujar seorang juru bicara Gedung Putih.

Namun ada beberapa kepala negara dan pasangannya yang memilih untuk tak melakukan hal tersebut. Dikutip dari BBC, Kamis (25/5/2017), pada tahun 2006, istri mantan PM Inggris Tony Blair, Cherie Blaire, memilih mengenakan baju berwarna putih.

Paus Fransiskus berjalan melewati Ivanka dan Ibu Negara AS, Melania Trump pada pertemuan pribadi bersama Presiden Donald Trump di Vatikan, (24/5). Melania dan Ivanka mengenakan penutup kepala hitam saat menemui Paus. (AP Photo/Alessandra Tarantino, Pool)

Selain itu istri Pangeran Charles, Camilla, juga tidak mengenakan baju hitam. Ia memakai baju berwarna emas pucat tanpa mengenakan penutup kepala.

"Sejumlah hal lebih longgar dalam beberapa tahun terakhir, tidak ada peraturan yang keras," ujar seorang juru bicara Vatikan kepada surat kabar The Daily Telegraph.

Sementara itu di Arab Saudi, pejabat perempuan asing tak diharuskan menutup kepala mereka -- hanya yang berkewarganegaraan Arab Saudi yang diwajibkan.

Vatikan sendiri telah berbicara soal protokol berpakaian ke kantor Melania di Gedung Putih. Namun permintaan seperti itu tidak dilakukan oleh Arab Saudi.

Selain Melania Trump, berikut 4 mantan Ibu Negara Presiden AS yang juga memakai kerudung saat bertemu paus di Vatikan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Mantan Ibu Negara yang Kenakan Kerudung di Vatikan

1. Michelle Obama

Michelle Obama saat bertemu Paus Benediktus XVI di Vatikan (AP)

Istri Barack Obama, Michelle Obama, mengenakan kerudung hitam saat bertemu dengan Paus Benediktus XVI pada tahun 2009. Penampilan perempuan kelahiran 17 Januari 1964 itu, terlihat manis namun elegan dengan mengenakan baju hitam beraksen pita di bagian leher.

2. Laura Bush

Laura Bush saat bertemu Paus Benediktus XVI di Vatikan pada 2006 (AP Photo)

Laura Bush merupakan istri mantan Presisen AS Istri George Bush. Saat bertemu dengan Paus Benediktus XVI di Vatikan pada 2006, Laura terlihat anggun dengan penutup kepala berwarna hitam dan dress lengan panjang selutut.

3. Nancy Reagan

Nancy Reagan bertemu dengan Paus John Paul II pada 7 Juni 1982 di Vatikan (Wikipedia/Public Domain)

Istri dari aktor yang kemudian menjabat sebagai Presiden ke-40 AS Ronald Reagan, Nancy Reagan, bertemu dengan Paus John Paul II pada 7 Juni 1982 di Vatikan. Ia tampak anggun dengan mengenakan kerudung hitam dan juga dress lengan panjang berwarna sama.

4. Jacqueline Kennedy

Jacqueline Kennedy saat bertemu Paus Paul VI di Vatikan (JFK Library)

Jacqueline Kennedy, istri dari Presiden ke-35 AS, John F Kennedy mengenakan kerudung brokat hitam yang panjangnya sampai ke pinggang saat bertemu dengan Paus Paul VI di Vatikan. Penampilannya terlihat tegas dengan dress panjang beraksen leher horizontal. Saat itu ia tidak mengenakan aksesoris yang menonjol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini