Sukses

Bir Jawa Minuman Pelepas Dahaga di KTT IORA

Disebut bir Jawa karena wujudnya menyerupai bir. Minuman ini merupakan favorit dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Liputan6.com, Jakarta - Padatnya kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia (IORA), membuat tenaga dari awak media yang meliput terkuras. Ditengah-tengah kelelahan tersebut minuman bir jawa jadi solusi pelepas dahaga.

Minuman khas daerah Jawa Tengah, Yogyakarta ini merupakan salah satu yang jadi rebutan untuk memuaskan rasa haus disela-sela kesibukan.

Bir Jawa disediakan ditengah-tengah ruang makan di media center IORA. Para penyaji adalah mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Salah seorang mahasiswa yang jadi peracik bir jawa, M. Iksan, mengatakan minuman tersebut menggunakan beberapa bahan alami.

"Ini racikannya dari teh herbal, asam jawa, dan serai," ucap Iksan kepada Liputan6.com di JCC, Minggu (5/3/2017).

Minuman dingin bir jawa (Andreas Gerry/Liputan6)

Iksan bercerita kepada Liputan6.com mereka memang ditugaskan melayani dan membuat minuman kepada para jurnalis. Ada beberapa jenis minuman yang disediakan.

Namun, bir jawa menjadi salah satu yang jadi primadona.

Dengan cekatan ia pun meracik bir jawa. Mulai dari menuangkan air hingga memasukan bahannya dan mengaduk hingga rata dilakukannya sangat cepat dan teliti.

Setelah selesai, bir jawa dingin pun siap dihidangkan kepada sejumlah jurnalis. Manis yang pas serta kesegaran langsung terasa usai menenggak bir jawa.

Sayangnya, bir jawa hanya disediakan di media center. Dari keterangan seorang perwakilan STP menu minuman ini tidak dihidangkan untuk delegasi resmi.

"Tapi kalau kami diminta bawa dan menyediakan ke sana, kami siap bawa kok," sebut perwakilan STP tersebut sembari tersenyum.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.