Sukses

Misteri Tanah 'Agar-Agar' di Skotlandia

Tanah di sebuah daerah di Skotlandia berupa jika diinjak seperti akan seperti agar-agar yaitu bergoyang-goyang.

Liputan6.com, Hazleehead - Fenomena aneh terjadi di Hazlehead, Aberdeen, Skotlandia. Tanah yang berada di sana berbeda dengan yang ada di seluruh dunia.

Di dalam sebuah hutan di daerah itu, tanah di sana tidak keras seperti biasanya. Jika diinjak akan bergoyang layaknya agar-agar atau seperti puding.

Kendati demikian, tanah di wilayah itu secara kasat mata tak berbeda dari yang lain.

Perbedaan baru terasa jika kaki mulai menginjak. Langsung tanah tersebut bergoyang layaknya agar.

Berkat kondisi tanah tak normal di Hazlehead, lokasi itu menjadi perbincangan di Skotalndia. Bahkan tempat tersebut jadi salah satu yang paling seram.

Mencoba menjawab pertanyaan dari banyak pihak, Profesor Ilmu Geografi Universitas Aberdeen, John Howell menyebut fenomena ini tak perlu dicemaskan. Sebab ada alasan ilmiah di balik fenomena ini.

"Tebakan saya ada air di gambut di bawah tanah ini," sebut Howell seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (19/11/2016).

"Jika ada air yang bocor dari bawah sini maka akan menciptakan tekanan dan lapisan gambut akan teratas akan terpisah dari tanah di bawahnya," terang dia.

Meski demikian, Howell mengaku ada satu hal yang membuatnya bingung. Pasalnya, tidak ada hujan deras yang turun beberapa waktu belakangan.

Namun, ia mengatakan, air tersebut bisa saja datang dari tempat lain, seperti beberapa pipa saluran yang ada di dekat tempat tersebut yang mungkin saja mengalami kebocoran.

Bagaimana menurut Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini