Sukses

Kesaksian WNI soal Sepinya Pilpres AS di Kota Kecil Illinois

Tak ada antrean mengular di luar gedung yang menjadi lokasi TPS Pilpres AS. Hari berjalan biasa di Carbondale, Illinois.

Liputan6.com, Carbondale - Tak ada perbedaan signifikan pada 8 November 2016 pagi di Carbondale, Illinois, AS. Semua berjalan seperti biasa. Tak ada keramaian seperti yang diperkirakan terjadi di sekitar tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih antara Donald Trump atau Hillary Clinton.

Tidak ada antrean sampai mengular ke luar gedung. Yang menjadi penanda bahwa Pilpres AS sedang berlangsung hanyalah papan penunjuk kecil yang ditancapkan ke tanah.

Seperti halnya ketika masa tenang kampanye, kini tak ada spanduk, baliho, atau poster besar yang mempromosikan Donald Trump atau Hillary Clinton. Yang ada hanyalah papan kecil bertuliskan nama mereka yang biasanya ditancapkan di halaman rumah atau tanah kosong milik penduduk.

Tak jauh dari papan penanda bertuliskan "Tempat Pemungutan Suara", terdapat pula papan peringatan bahwa tidak diperbolehkan berkampanye (Campaign Free Zone) sejak lokasi papan tersebut hingga ke bilik suara.

Menurut peraturan Jackson County, siapa pun tidak boleh berkampanye 100 meter dari lokasi pemilihan.

Penanda tak boleh ada kampanye pilpres AS lagi. (Liputan6.com/Irma Anzia)

Kesaksian WNI

Ada beberapa sebab kenapa suasana di TPS begitu sepi. Tugiyanto, seorang warga Indonesia yang bermukim di Carbondale, mengatakan bahwa kemarin, 7 November yang merupakan tanggal terakhir untuk memilih lebih awal (early voting), terdapat antrean panjang di Student Center, kampus Southern Illinois University.

Rupanya, seperti halnya Presiden Obama, yang telah memilih pada tanggal 7 Oktober 2016 di Chicago, warga kota kecil yang terletak sekitar 530 km arah selatan Chicago ini juga memilih untuk memberikan suaranya sebelum tanggal 8 November. Pemilihan awal di negara bagian Illinois dimulai sejak 29 September 2016.

Mereka yang berhalangan untuk memilih langsung dapat memilih melalui surat suara yang dikirim lewat pos.

Sebab lainnya adalah karena terdapat 26 lokasi pemilihan yang tersedia di Kota Carbondale yang berpenduduk sekitar 26.000 orang ini. TPS dibuka sejak pukul 06.00 hingga 19.00. Maka tidak heran jika para pemilih yang tersisa (dikurangi dengan jumlah yang telah melakukan pemilihan awal atau via surat), tidak sampai membeludak di lokasi-lokasi seperti Carbondale Middle School dan Carbodale Community High School.

Menurut daftar lokasi pemilihan yang terdapat di situs resmi Jackson County (yang mengatur beberapa kota termasuk Carbondale), lokasi pemilihan meliputi kampus SIUC, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, beberapa gereja, bandar udara, kompleks asrama mahasiswa, serta balai kota.

Illinois merupakan salah satu dari lim negara bagian yang memiliki suara elektoral yang terbanyak, yaitu 20 suara. Dalam enam pemilihan presiden terakhir, Illinois telah memilih kandidat dari partai Demokrat.

Selain memilih presiden dan wakil presiden, para pemilih juga harus menentukan anggota senat dan DPR tingkat nasional dan negara bagian, bendahara negara bagian, dan beberapa jabatan untuk wilayah Jackson County.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.