Sukses

Bukan Celupan Tinta Pemilu, Ini Tanda Sudah Memilih di Pilpres AS

Liputan6.com, New York - Sejak Pemilu 1999, Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Indonesia menjadikan celupan tinta sebagai tanda seseorang telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan. Noda di jari berwarna biru itu sulit dihapus meski telah dicuci berkali-kali. Meski berbeda versi, Pilpres Amerika Serikat juga punya hal serupa.

Tanda tersebut berwujud sebuah stiker bertuliskan 'I Voted' atau yang di dalam Bahasa Indonesia berarti, 'saya telah memilih'.

Pantauan Liputan6.com dari tempat pemilihan di dua tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Manhattan, New York, semua pemilih yang telah memberikan suaranya diberikan stiker 'I Voted'.

Stiker tersebut modelnya relatif sederhana. Salah satunya berbentuk lonjong, tulisan 'I Voted' berwarna biru dan ada bendera Amerika Serikat di sampingnya.

Stiker I Voted dalam Pilpres AS (Reuters)

Setelah diberi stiker oleh petugas TPS, para pemilih kemudian menempelkannya di pakaian mereka.

Biasanya, stiker tersebut ditempelkan di bagian dada, entah di kiri atau sebelah kanan.

Selain berguna sebagai penanda, ada keuntungan lain dari menempelkan stiker I Voted.

Sejumlah media lokal New York menyebut, para pemilih bisa mendapat beberapa makanan gratis. Di antaranya adalah donat, piza, dan cheese dip atau makanan yang dicelup saus keju.

Bahkan salah satu gerai donat tersohor di AS, Kripy Kreme. Lewat sosial media, restoran itu mempublikasikan iklan penawaran khusus di tengah momentum Pilpres AS. Khusus untuk mereka yang punya stiker 'I Voted'.

"Datang ke Krispy Kreme pada 8 November ini dapatkan donat gratis di hari pemilu," tulis mereka.

Loading