Sukses

Menlu Retno Terima Kunjungan Menlu Belanda

Koenders datang bersama rombongannya pukul 09.45 WIB dan langsung disambut oleh Menteri Retno di pintu depan Gedung Pancasila.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders di Kantor Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat. Pertemuan tersebut digelar  sehari setelah kedua menlu menghadiri Regional Ministerial Conference di Bali pada 22-23 Maret 2016.

Koenders datang bersama rombongannya pukul 09.45 WIB dan langsung disambut oleh Menteri Retno di pintu depan Gedung Pancasila. Keduanya langsung melakukan pertemuan bilateral secara tertutup di ruang rapat gedung tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Armanantha Natsir mengatakan kunjungan Koenders merupakan yang pertama ke Indonesia, sejak dilantik sebagai Menlu Belanda pada 2014. "Sedangkan pertemuan terakhir Menlu RI dan Koenders adalah di sela-sela ASEM FMM Luxembourg, 5 November 2015," tulis Armanantha dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (24/3/2016).

Pria yang biasa disapa Tata itu mengatakan keduanya akan membahas, di antaranya, kerja sama perdagangan dan investasi. Ini termasuk kerja sama dalam pengembangan infrastruktur.

"Belanda adalah salah satu mitra dagang terpenting Indonesia di Eropa, selain juga merupakan pasar tradisional Indonesia. Kedua negara sepakat untuk dorong interaksi lebih jauh para pebisnis dari kedua negara," kata Tata.

Upaya tersebut diharapkan dapat menambah investor Belanda di Indonesia untuk berbagai sektor, khususnya pembangunan sektor maritim.

"Karena nilai perdagangan antar kedua negara cukup besar, di tahun 2015 mencapai USD 1,31 miliar dalam 421 proyek. Dan dengan jumlah tersebut menjadikan Belanda sebagai mitra komprehensif RI. Mitra dagang RI terbesar ke-2 di Eropa (ke-15 di dunia) pada tahun 2015, dan investor terbesar ke-4 pada tahun 2015," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini