Sukses

Nahas, Lumba-lumba Mati Setelah Dipaksa Selfie oleh Puluhan Turis

Dari foto yang beredar, para pegiat lingkungan hidup marah dan mengecam tindakan para turis itu.

Liputan6.com, Santa Teresita - Wisatawan di sebuah pantai Argentina dikritik setelah menemukan anak lumba-lumba. Alih-alih mengembalikan mamalia ke laut, mereka malah menariknya ke luar dan selfie (swafoto) dengannya.

Foto-foto kelakuan para pelancong itu tersebar ke berbagai sosial media. Memperlihatkan puluhan turis menggendong dan menyentuhnya. Aksi itu dilakukan di pantai di Kota Santa Teresita.

Dari foto yang beredar, para pegiat lingkungan hidup marah dan mengecam tindakan para turis itu. Diketahui mamalia malang itu diambil pada pekan lalu.

Lumba-lumba yang ditemukan ternyata merupakan spesies Franciscana dolphin. Ia merupakan satwa yang nyaris punah. Menurut data, hanya 30.000 yang hidup di alam liar.

Badan lingkungan hidup Argentia mengatakan ada dua lumba-lumba ditemukan oleh para turis dan satu di antaranya akhirnya mati.

Sebuah rekaman memperlihatkan seorang pria menarik satu anak lumba-lumba dari laut dan mengelilinginya sebelum membopongnya. Sementara, di gambar yang diunggah di Facebook, puluhan orang terlihat mengitari mamalia malang itu, menyentuh dan foto bersama.

"Franciscan seperti lumba-lumba lainnya, tidak bisa terlalu lama di di atas air. Mereka memiliki kulit tebal untuk membuatnya tetap hangat. Jadi udara di luar membuatnya cepat dehidrasi dan mati," kata pernyataan Argintine Wildlife Foundation (AWF), seperti dilansir dari BBC, Jumat (19/2/2016)

"Aksi ini harus jadi peringatan, jika lain kali kalian menemukan Franciscan di pantai, segera kembalikan mereka ke laut."

Franciscan atau lumba-lumba Del Plata adalah salah satu mamalia air terkecil dari jenisnya di dunia. Ia memiliki panjang hanya 1.3 meter hingga 1.7 meter. Mereka hanya ditemukan di Argentina, Brasil, dan Uruguay.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini