Sukses

Cokelat 'Nyeleneh', Rasa Wasabi Hingga Bit

Bosan dengan rasa cokelat yang itu-itu saja? Coba kombinasikan cokelat dengan sejumlah bahan yang tidak biasa ini. Berani?

Liputan6.com, Jakarta - Penggemar makanan hasil laut mentah ala Jepang, sashimi mungkin sudah akrab dengan bumbu berwarna hijau terang yang sangat menyengat bernama wasabi, yang umumnya dicocol bersamaan dengan hidangan tersebut.

Namun kini wasabi tak hanya disajikan untuk sashimi dan sushi, perusahaan raksasa pembuat cokelat Cadbury mengeluarkan varian baru lebih nyeleneh berisikan bumbu hijau nan pedas itu. 

Dikutip dari News.com.au, Selasa (22/12/2015), di antara rasa lainnya yang dijajal oleh Cadbury antara lain Kale Crème, Wasabi Crunch dan Beetroot Jelly atau jell bit. Bahan serba sayuran itu menjadi 'rasa inovatif' untuk menambah jejeran koleksi rasa khas Cadbury selama ini.

Kale Crème dimaksudkan untuk memuaskan selera asin penggemar cokelat, Beetroot Crunch untuk superfood yang berenergi dan Wasabi Crunch dirancang untuk memanfaatkan 'popularitas rasa Asia.'

Peramu cokelat Dave Shepard dari Mondelez Europe mengatakan bahwa rasa-rasa baru itu menjadi bagian suatu tren inovasi dan percobaan oleh perusahaan yang telah menghasilkan kumpulan Marvellous Creation dalam beberapa tahun terakhir ini.

Cokelat Cadbury rasa Kale Crème dan Beetroot Jelly. (Sumber news.com.au)

Rasa-rasa superfood digadang di pabrik mereka di Bournville, Inggris, yang sekaligus menjadi kantor pusat karya cipta cokelat Mondelez.

Walaupun jenis-jenis rasa itu belum benar-benar bisa dibeli, mereka menjadi dasar dari berbagai rasa di masa depan di antara daftar rasa yang selalu berubah-ubah, seperti tambahan Nut Crunch dan Lime Cordial.

Tahun ini, Salted Caramel, Apple Crunch, dan Truffle Heart masuk dalam daftar, sedangkan Cadbury Australia berkutat dengan cokelat berisikan Vegemite.

Vegemite di Australia adalah olesan roti yang biasanya memiliki rasa cukup sangit sehingga kerap ditolak anak-anak.

Tapi jangan anggap remeh industri cokelat. Karena penguji rasa cokelatpun menjadi pekerjaan yang dibayar cukup mahal, seperti dijelaskan dalam video berikut ini:

Tapi bukan hanya cokelat Cadbury yang membuat produk dengan berbagai rasa sayur. Di kota Bandung terdapat sebuah kedai es krim yang menggunakan sayuran sebagai pilihan rasa mereka, seperti es krim rasa bit, jagung, teh hijau, brokoli, dan wortel!

Es krim Masbash di Bandung ini miliki rasa sayur asli.

Masbash, demikian merek sekaligus nama tempat di Jalan Mataram 2, Cihapit, Bandung ini memang unik. Ulasan Liputan6.com pada Mei 2015 menyebutkan bahwa es krim itu menggunakan sayuran utuh yang diblender, dicampur dengan susu dan krim. Tanpa menggunakan ekstrak sayuran.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.