Sukses

Dari Mana Asal Salmon dalam Menu Sushi dan Sashimi?

Liputan6.com, Jakarta Seiring menjamurnya restoran makanan Jepang di Indonesia, semakin banyak orang yang hobi mengkonsumsi makanan mentah seperti sushi dan sashimi. Namun, pernahkah Anda berpikir dari mana asal ikan mentah yang Anda makan dari sushi dan sashimi?

Dari semua jenis ikan yang biasa diolah mentah dalam hidangan sushi dan sashimi adalah salmon. Ternyata bila Anda berpikir salmon yang Anda makan berasal dari Jepang, Anda salah besar.

Regional Director Norwegian Seafood Council Jon Erik Steenslid mengatakan sushi dan sashimi memang makanan tradisional dari Jepang. Namun, ikan salmon, bahan utama kedua jenis menu makanan ini, berasal dari Norwegia.

"Pangsa pasar salmon Norwegia di Indonesia sebesar 70 persen. Untuk restoran Jepang di Indonesia, dapat dipastikan tidak ada yang menggunakan salmon asal Jepang," ucap Jon Erik di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Tak hanya restoran Jepang di Indonesia, rata-rata makanan Jepang di seluruh dunia menggunakan salmon asal Norwegia. Sebab, daging salmon Norwegia terbukti cocok untuk dijadikan sushi dan sashimi.

Menteri Perikanan Norwegia Elisabeth Asparker mengatakan Norwegia merupakan negara pengekspor seafood kedua terbesar di dunia. Di samping itu, Norwegia juga merupakan negara terbesar ke-5 penghasil aqua culture di seluruh dunia.**

Kuliner Malam Jumat: Menyantap Kelezatan 40 Lauk di Nasi Kapau Uni Upik

Tutup Video
Loading