Sukses

Menit-Menit Menegangkan Teror Paris

Liputan6.com, Paris - Serangan mematikan sejumlah pelaku teror di Kota Paris, Prancis pada Jumat malam waktu setempat menyasar beberapa lokasi. Mulai dari restoran, gedung pertunjukan hingga stadion sepakbola.

Setelah dilakukannya upaya penyidikan atas peristiwa berdarah itu, pihak otoritas Prancis mulai mendapatkan titik terang tentang pola serangan yang dilakukan.

Jaksa Francois Molins dalam jumpa pers di Paris, seperti dilansir Guardian, Minggu (15/11/2015) memetakan menit demi menit serangan dilakukan pada Jumat malam waktu setempat atau WIB dini hari.


9.20 PM: Satu korban tewas ketika ledakan pertama meledak di Saint Denis dekat Stade de France selama pertandingan sepak bola antara Prancis dan Jerman. Tubuh teroris ditemukan di tempat kejadian mengenakan sabuk bunuh diri yang penuh dengan pecahan peluru.

9.25 PM: 15 orang tewas dan 10 luka-luka di Le Carillon bar dan Le Petit Cambodge restoran di Rue Alibert di distrik 10 Kota Paris. Teroris bersenjata dengan senapan Kalashnikov terlihat di mobil berwarna hitam sebelum menembak.

9.30 PM: Ledakan kedua terdengar di luar Stade de France. Tubuh pelaku bom bunuh diri lain ditemukan di tempat kejadian dengan sabuk peledak yang serupa.

9.32 PM: 5 orang tewas dan 8 terluka dalam penembakan di luar La Bonne Biere bar di distrik ke-11. Orang-orang bersenjata tiba dengan mobil yang sama dan dipersenjatai dengan senjata yang mirip dengan penembakan pertama.

9.36 PM: 19 Orang tewas dan 9 luka-luka di La Belle Equipe restoran di Rue de Charonne di distrik ke-11. Sebuah mobil berwarna hitam terlihat di tempat kejadian dan orang-orang bersenjata dipersenjatai dengan Kalashnikov.

9.40 PM: Satu orang terluka parah ketika ledakan bunuh diri, mirip dengan yang digunakan dalam serangan lainnya, diledakkan di dalam restoran Voltaire di Boulevard Voltaire, distrik 11.

9.40 PM: 89 orang ditembak mati dan banyak yang terluka ketika 3 orang bersenjata melepaskan tembakan ke kerumunan selama konser rock di Le Bataclan. Para penyerang terdengar menyebutkan Suriah dan Irak selama penembakan. Mereka tiba di lokasi dengan mobil Polo hitam.

9.53 PM: Ledakan ketiga terjadi di Rue de la Coquerie, dekat Stade de France. Tubuh seorang pembom bunuh diri memakai sabuk peledak ditemukan di lokasi kejadian.

12.20 AM: Tiga teroris di Le Bataclan tewas. Satu ditembak mati oleh polisi Prancis, 2 lainnya meledakkan diri. (Ado/Nda)