Sukses

Pekerjaan 'Paling Membahagiakan di Dunia': Pengasuh Panda

Liputan6.com, Sichuan - Sebuah video berdurasi 2 menit beredar di internet. Isinya tentang aktivitas para perawat panda (Ailuropoda melanoleuca). Polah lucu hewan asli Tiongkok itu membuat para netizen gemas, bahkan menganggap para babysitter memiliki "pekerjaan paling membahagiakan di dunia".

Dalam rekaman terlihat seorang perawat wanita membersihkan bulu anak-anak panda menggemaskan, mirip membersihkan bulu boneka.

Para perawat merawat anak-anak panda di penangkaran Bifengxia Panda, kota Ya'an, provinsi Sichuan, Tiongkok.

Ada 23 ekor panda di penangkaran yang tampil di publik. Sejumlah 18 ikut mejeng dalam potret keluarga. (foto: Imagine China)

Pekan lalu, 23 anak panda diperlihatkan kepada umum untuk pertama kalinya di penangkaran, dilaporkan dari Daily Mail, Senin (9/11/2015). Sekumpulan hewan berbulu hitam-putih itu lahir di berbagai tempat, seperti Malaysia, AS, dan panda lokal dari Sichuan.

Sejumlah 18 ekor dari mereka tampil dalam foto keluarga, yang diperkirakan baru kali pertamanya dijepret tahun ini.

Sejak pengungkapan para panda, penangkaran telah merilis video-video perkembangan mereka-- termasuk video menggemaskan anak panda bersama pengasuhnya. Film pendek itu dibuka dengan pertanyaan: "Apa pekerjaan paling membahagiakan di dunia?" Diikuti dengan: "Pengasuh panda."

Para anak panda ikut 'foto keluarga'. (foto: Imagine China)

Dengan latar belakang musik ceria, wanita pengasuh berpakaian biru menggendong si bayi panda dan menepuk-nepuk bulu, membersihkannya dari debu.

Si bayi panda, yang diangkat terbalik juga tenang dan tidak memberontak, membuatnya semakin menggemaskan. Tapi, ada juga 'si bocah nakal' yang mencoba kabur, namun dengan segera dikembalikan ke tempatnya.

Bayi panda yang menggemaskan memang membuat pekerjaan perawat panda terkesan

Satu-persatu panda dibersihkan bulunya dari kepala sampai kaki, dan diukur pertumbuhan tubuhnya. Para pengasuh secara teratur memberi mereka makan, membersihkan, dan menjaga hewan terancam punah itu tetap aman dan sehat, setiap hari, siang dan malam.

Ada 110 panda raksasa di penangkaran Bifengxia. Di penangkaran panda lainnya di provinsi Sichuan atau Chengdu Research Base of Giant Pandas baru saja mengadakan upacara pembukaan "TK Panda" pertama pada 24 Oktober 2015 lalu.

Hingga tahun ini, ada 15 bayi panda lahir di Chengdu Research Base, memecahkan rekor untuk jumlah kelahiran panda dalam satu tahun. Pusat riset juga memiliki kesuksesan 100 persen dalam pengembangbiakkan panda kembar tahun 2015 ini.

Ada sekitar 152 panda yang dikembangbiakkan di pusat di Chengdu. Saksikan video menggemaskan bayi panda dan para perawat mereka! (Ikr/Rcy)