Sukses

Kisah 84 Tahun Perjalanan Totem Sebelum Kembali ke Pemiliknya

Steve Langdon melacak keberadaan totem itu ke museum yang dimaksud, setelah melihat foto Vincent Price di sebelahnya. Iapun pergi ke Hawaii.

Liputan6.com, Honolulu - Sebuah tiang totem yang dicuri pada tahun 1931 dikembalikan kepada suku Indian yang merupakan pemiliknya. Totem tersebut diambil oleh John Barrymore, seorang aktor Hollywood, dan selama ini menghiasi rumah liburannya selama bertahun-tahun sebelum disimpan di ruang bawah tanah suatu museum di Hawaii.

Seperti dilaporkan dalam Reuters pada 23 Oktober 2015, tiang ukiran setinggi 3 meter itu sebetulnya milik suku Tlingit. Pada saat penulisan ini, totem itu sedang dalam pengiriman dan diharapkan tiba di Alaska pada 6 November 2015.

Pensiunan profesor Steve Langdon dari University of Alaska mengatakan, "Barrymore mungkin mengikat patung itu di perahu yacht 40 meter miliknya, lalu berlayar begitu saja ke arah utara." Pria ini meluangkan waktu bertahun-tahun melacak keberadaan totem yang dimaksud.

Menurut pensiunan profesor itu, sebuah buku terbitan 2001 menjadi bukti bahwa memang benar sang aktor yang membelinya. Sebab terlihat foto yang menggambarkan anak buahnya sedang menaikkan totem itu ke atas yacht, dengan tulisan keterangan foto bahwa ia 'membeli' benda tersebut di kampung Tuxecan di Prince of Wales Island.

Tapi tidak ada bukti lain untuk membuktikan bahwa totem itu pindah tangan secara sah.

Pada 1944, aktor Vincent Prince dan istrinya membeli tempat istirahat itu dan memasang totem itu di halaman mereka hingga 1981 -- ketika pasangan itu menyumbangkannya ke Honolulu Museum of Art. Ia melacak keberadaan totem itu ke museum yang dimaksud setelah melihat foto Vincent Price di sebelahnya. Lalu pergi ke Hawaii pada 2013 mewakili suku pemiliknya.

Sejumlah anggota suku Tlingit dari Klawock, desa mereka sekarang, pergi ke Honolulu untuk upacara serah terima pada Kamis lalu, 22 Oktober 2015. Upacara diadakan lengkap dengan musik dan pertukaran cindera mata.  (Alx/Tnt)

Steve Langdon melacak keberadaan totem itu ke museum yang dimaksud setelah melihat foto Vincent Price di sebelahnya. Iapun pergi ke Hawaii. (Sumber 680news.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini