Sukses

Buku Dipulangkan setelah 52 Tahun 'Berkelana'

Seseorang puluhan tahuh lalu lupa mengembalikan sejumlah buku ke perpustakaan kampus. Akhirnya, buku-buku itu kembali.

Liputan6.com, Oregon - Dua buah buku dikembalikan ke perpustakaan kampus di negara bagian Oregon. Tampaknya seperti kegiatan yang biasa dilakukan di sebuah kampus, bukan?

Namun menurut Huffington Post yang dikutip dari The Oregonian, kedua buku dipinjam pada tahun 1963-- 52 tahun lalu!

Buku-buku itu dikembalikan ke perpustakaan disertai dengan catatan singkat dari orang yang tak dikenal yang diantar melalui jendela pengembalian buku kampus.

Joan Petit, petugas perpustakaan di Portland State University, mengatakan bahwa 'bacaan' itu sudah terlalu kuno sehingga para pengajar tidak tahu apa yang harus dilakukan terhadap buku-buku itu.

Buku dipinjam untuk kelas pidato tingkat SMA, dan sekarang ini sistem kartu sudah digital dan cara penggolongan buku pun telah berubah.

Meskipun demikian, petugas perpustakaan tidak mengenakan biaya keterlambatan dan mengucapkan terima kasih kepada orang yang mengembalikan buku “Prinsip-prinsip Dasar Pidato” dan “Pengantar Membaca Secara Kritis” tersebut.

Buku pinjaman dikembalikan 52 tahun kemudian dengan sebuah pesan. (The Oregonian)

Catatan dari orang tak dikenal yang menyertai pengembalian buku-buku itu berbunyi, “Aku pinjam buku-buku ini pada tahun 1963 untuk kelas pidato SMA-ku. Kedua bacaan telah berpindah-pindah tempat bersamaku. Kini sudah saatnya mereka untuk pulang. Kedaluwarsa—memang—tapi aku serahkan nasib mereka padamu.” (Alx/Rcy)

Baca juga : 200 Tahun Lalu, Kota London Terendam Banjir Bir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.