Sukses

Isu Korut akan Serbu Hawaii, AS Siaga

Menanggapi rumor Korea Utara siap menyerang Hawaii, Amerika Serikat menyatakan telah menyiagakan pertahanan anti rudal yang mampu menembak rudal Korut di udara

Liputan6.com, Seoul: Menanggapi rumor Korea Utara siap menyerang Hawaii, Amerika Serikat menyatakan telah menyiagakan pertahanan anti rudal guna melindungi Hawaii. Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, mengatakan, Kamis (18/6), militer AS telah membangun pertahanan tambahan, berupa sistem rudal dan radar, di sekitar Hawaii yang mampu menembak rudal Korut di udara. "Kita dalam kondisi terbaik, ini penting untuk melindungi rakyat Amerika," ujar Gates.

Pernyataan Gates muncul setelah sebuah harian Jepang, Yomiuri, memberitakan kemungkinan Korea Utara menyerang AS  dengan menggunakan rudal Taepodong 2 yang berdaya jelajah hingga 6.500 kilometer. Harian tersebut menyebutkan kemungkinan serangan Korut itu bersumber dari analisis Departemen Pertahanan Jepang dan data intelijen AS yang didapat melalui satelit. Namun, Menteri Pertahanan Jepang enggan menanggapi berita tersebut.(AP/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.