Sukses

Mengintip Ukuran Jantung Mamalia Terbesar

Nah, lihat betapa besarnya jantung hewan tersebut dalam video berikut ini.

Liputan6.com, Ontario - Sebuah tayangan PBS yang bekerjasama dengan BBC menjelaskan tentang temuan yang tidak biasa. Dalam unggahan tersebut, ditayangkan temuan jantung seekor paus biru.

Dalam tayangan itu, terlihat betapa besarnya ukuran jantung itu, kira-kira 1,5 m x 1,2 m x  1,2 m. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, karena paus biru disebut-sebut merupakan hewan terbesar yang masih hidup di planet bumi ini.

Dalam keterangan video itu tertulis perbandingan paus biru itu dengan seekor Argentinosaurus -- dinosaurus terbesar dari masa Mesozoic yang memiliki berat kira-kira 99 ton. Begitulah disebutkan berat rata-rata seekor paus biru.

Dalam tayangan itu, Jacqueline Miller dari Royal Ontario Museum memulai dengan menujukkan ukuran jantung berbagai hewan, mulai dari jantung tikus rumahan, jantung burung kalkun, lalu kemudian jantung seekor paus biru.

Para ahli dari Royal Ontario Museum mendapatkan jantung itu dari bangkai seekor paus biru yang kemudian dibedah melalui arah paru-paru sebelah kiri.

Salah seorang ahli menjelaskan dalam video, bahwa genangan darah di dalam bangkai paus itu mencapai setinggi pinggangnya. Bukan hanya itu, diperlukan empat orang untuk mendorong jantung itu supaya bisa keluar dari dalam bangkai tersebut.

Jantung berukuran 1,5 m x 1,2 m x 1,2 m itu beratnya mencapai 180 kilogram, dan memompa darah hingga 220 liter dalam setiap denyutnya.

Di masa lalu, ada dugaan bahwa dengan ukuran jantung paus biru yang demikian besarnya, seseorang dapat berenang melintasi aorta jantung tersebut.

Nah, lihat betapa besarnya jantung hewan tersebut dalam video berikut ini.

Dari Sydney Morning Herald (SMH), yang dikutip Minggu (13/9/2015), disebutkan bahwa bangkai paus biru itu sempat terjebak alam es sebelum terseret ke pantai di kawasan Newfoundland di Kanada. SMH juga mengutip National Geographic yang menjelaskan bahwa lidah mamalia itu seberat seekor gajah dewasa. (Alx/Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini