Sukses

Uniknya Sepeda Motor Berbahan Bakar Air

Penemuan revolusioner ini dijuluki 'T Power H2O' -- yang mampu menempuh perjalanan hingga 310 mil atau sekitar 500 km untuk 1 liter air.

Liputan6.com, Brasil - Umumnya, bensin dan solar merupakan bahan bakar sepeda motor atau mobil. Namun, apa jadinya jika diganti dengan air? Pasti Anda bertanya-tanya dan menebak cairan itu tak berfungsi untuk memberikan tenagan kepada si kendaraan.

Nah, Ricardo Azevedo berhasil menciptakan penemuan menariknya di Sao Paulo, Brasil. Ia membuat sepeda motor yang dapat berjalan dengan bahan bakar air. Penemuan revolusioner ini dijuluki 'T Power H2O' -- yang mampu menempuh perjalanan hingga 310 mil atau sekitar 500 kilometer untuk satu liter air.

Dia menggabungkan baterai mobil eksternal untuk menghasilkan listrik dan memisahkan hidrogen dari molekul air, untuk melepaskan energi yang digunakan mesn kendaraan.

Keuntungan dari motor 'T Power H2O' adalah bekerja dengan hidrogen yang berasal dari air, dan hasil pembuangan yang keluar dari knalpot adalah uap air. Ramah lingkungan.

Berbeda dari bensin, yang asap pembungannya karbon monoksida yang tak baik bagi lingkungan.

Ini sepeda motor berbahan bakar air. (Oddity Central)

Untuk saat ini, sepeda motor unik milik Azevedo baru prototipe. Penampilannya masih terlihat kuno, pun suaranya yang masih kasar.

Azevedo menggunakan sistem yang mirip dengan Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang digunakan Formula 1, untuk mengisi ulang baterai saat di perjalanan. Dengan demikian, sepeda motor buatannya dapat berjalan selama kurang lebih 10 jam.

"Aku sudah melakukan kontak dengan dealer dan mekanik profesional untuk menguji kemampuan motor ciptaanku. Aku juga bersedia untuk menjelaskan dan menunjukkan sistem kerjanya, bagi mereka yang tertarik," kata Azevedo dikutip dari Oddity Central, yang dikutip Jumat (7/8/2015).

Dalam video yang baru-baru ini dirilis, Azevedo minum dari botol air sebelum menuangkan ke dalam tangki untuk membuktikan bahwa sepeda motor ciptaannya benar-benar berjalan menggunakan air.

Ini dia rekamannya selengkapnya.

(Stevanie Adeline/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.