Sukses

Penyakit Misterius Tewaskan 18 Orang di Nigeria

Ditandai dengan penglihatan yang kabur, sakit kepala dan kehilangan kesadaran, serta membunuh korban dalam waktu 24 jam sejak terserang.

Liputan6.com, Ondo - Suatu penyakit misterius telah menewaskan sedikitnya 18 orang di tenggara Nigeria selama beberapa hari terakhir ini. Demikian diungkapkan para pejabat setempat seperti dilansir laman BBC, Minggu (19/4/2015).

Wabah ini dimulai di Kota Ode-Irele, negara bagian Ondo, dan menyebar dengan cepat. Penyakit ini ditandai dengan penglihatan yang kabur, sakit kepala dan kehilangan kesadaran, untuk kemudian membunuh korban dalam waktu 24 jam sejak terserang.

Pejabat kesehatan setempat dan para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia WHO sudah berada di kota itu untuk mencoba mengidentifikasi penyakit ini.

"Uji laboratorium sejauh ini mengesampingkan kemungkinan bahwa hal itu disebabkan Ebola atau virus lainnya," kata juru bicara pemerintah Negara Bagian Ondo, Kayode Akinmade.

Sementara juru bicara WHO Gregory Hartl mengatakan kepada AFP bahwa semua yang tertular mulai menunjukkan gejala pada 13-15 April lalu. Penyakit tak dikenal itu tampaknya menyerang sistem saraf pusat. (Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.