Sukses

Hillary Clinton Segera Umumkan Pencalonan Sebagai Capres AS

Mantan Ibu Negara AS yang juga mencalonkan diri sebagai presiden pada 2008 kini dipandang sebagai seorang calon kuat untuk Partai Demokrat.

Liputan6.com, Washington - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengumumkan pencalonan dirinya sebagai Presiden AS pada Minggu lusa, 12 April 2015. Demikian diungkap berbagai laporan media Amerika Serikat. Clinton diduga akan mengumumkannya di media sosial.

Seperti dilansir BBC, Jumat (10/4/2015), perempuan berusia 67 tahun ini akan melakukan perjalanan ke Iowa dan New Hampshire untuk mengikuti 2 pemilihan pendahuluan (primary) untuk Pilpres 2016.

Mantan Ibu Negara AS ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai presiden pada 2008 dan kini dipandang sebagai seorang calon kuat untuk Partai Demokrat.

Clinton diduga akan meluncurkan sebuah video yang menggarisbawahi tema kampanyenya, tetapi mungkin tidak akan memberikan pidato resmi yang panjang.

Baru-baru ini dia dikritik karena menggunakan alamat email pribadi untuk melakukan tugasnya sebagai menteri luar negeri dan karena memiliki asisten pribadi yang memutuskan email yang mana yang boleh diberikan untuk dimasukkan ke dalam catatan publik.

Clinton ikut aktif dalam dunia politik ketika ia menjadi Ibu Negara saat suaminya Bill Clinton menjabat sebagai Presiden AS dalam 2 masa jabatan dan kemudian menjadi anggota Senat AS.

Tahun 2008 ia dikalahkan Presiden Barack Obama dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat. Obama kemudian menunjuknya sebagai menteri luar negeri, jabatan yang dipegangnya sampai 2013. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.