Sukses

Foto Pilot dan Pesawat Aerobatic TNI yang Senggolan di Malaysia

Para pilot dikabarkan selamat. Mereka menyelamatkan diri dengan kursi pelontar saat kecelakaan terjadi.

Liputan6.com, Langkawi - Asap membumbung tinggi di ketinggian langit Langkawi, Malaysia. Dari kejauhan terlihat benda terbakar yang jatuh lalu menukik ke daratan dan mendarat di antara pepohonan.

Yang nampak terbakar itu adalah 2 pesawat Jupiter Aerobatic Team milik TNI Angkatan Udara. Keduanya bersenggolan di udara saat gladi bersih ajang dirgantara Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2015, Malaysia.

Laman New Straits Times, Minggu (15/3/2014) melaporkan, salah satu pesawat jatuh di dekat Bandara Internasional Langkawi. Sedangkan pesawat yang lain disebutkan jatuh di desa, daerah pinggiran bandara.

Para pilot dikabarkan selamat. Mereka menyelamatkan diri dengan kursi pelontar saat kecelakaan terjadi.



Sementara itu, kelompok angkatan udara Malaysia atau Kelab Penyokong Tentera Udara Diraja Malaysia dalam akun Twitter-nya @myTUDM mengunggah sejumlah foto pesawat berikut dengan kondisi para pilot yang berhasil selamat.

Dalam foto nampak petugas tengah sibuk memadamkan api yang melalap salah satu pesawat berwarna merah menggunakan busa.

Sementara di foto lain nampak 2 pria berseragam merah diduga pilot TNI AU. Keduanya terlihat sehat. Meski salah satunya nampak masih shock. Dia terlihat berjongkok di tanah sembari memegang kepalanya.

Dikutip dari Bernama, Minggu (15/3/2015), juru bicara Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Langkawi mengatakan, kecelakaan itu terjadi pada pukul 14.04 waktu setempat ketika 2 dari 6 pesawat KT-1B yang melintasi ruang udara MIEC bertabrakan di udara.



2 Pesawat kemudian terlihat menabrak di luar area bandara. Tabrakan itu diikuti oleh api dan asap.

Seorang saksi, Husin Ahmad, 25, mengatakan seorang pilot berhasil menyelamatkan diri dengan terlontar dari pesawat dan mengaktifkan parasut.

"Saya sedang makan siang, ketika tiba-tiba melihat 2 pesawat bertabrakan di ujung ekor, memancarkan asap, sebelum mereka jatuh," ujar dia.

Ajang LIMA 2015 adalah pameran dirgantara dan kelautan yang diselenggarakan di Malaysia. Dalam ajang ini, berbagai industri penerbangan dan kelautan, unjuk gigi atas produk-produk mereka. (Ndy/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini