Sukses

Menlu Retno: Saatnya ASEAN Pro-Rakyat

Menlu RI Retno Marsudi mengatakan, ASEAN harus dirasakan manfaatnya oleh rakyat di setiap negara anggota. Tanpa terkecuali.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menlu RI Retno Marsudi mengatakan, ASEAN harus dirasakan manfaatnya oleh rakyat di setiap negara anggota, tanpa terkecuali. Hal itu ditegaskan Retno dalam pertemuan antar Menteri Luar Negeri se-ASEAN yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Menlu menegaskan, telah mulai saatnya bagi ASEAN untuk mengurangi kesenjangan (gap) antara hasil pertemuan ASEAN dengan hal nyata yang dapat langsung dirasakan oleh rakyat (pro-rakyat)," demikian jelas Menlu Retno melalui pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri yang diterima Kamis (29/1/2015), di Jakarta.

Statement Menlu Retno tersebut, dapat sambutan positif dari Menlu ASEAN lain. Tak cuma itu, Menlu Asia Tenggara pun sangat mendukung ASEAN pro-rakyat agar segera terwujud.

"Selain mengusulkan pendekatan bersifat kerakyatan, Menlu RI juga mengusulkan pengurangan dan perampingan (streamlining) pertemuan ASEAN," lanjut Retno dalam pernyataan tersebut.

"Streamlining juga menjadi arahan Presiden RI serta hasil pembicaraan Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri Singapura dan Perdana Menteri Malaysia," tambah dia.

Sehubungan dengan upaya perampingan tersebut, Indonesia dan Singapura telah menyampaikan concept paper yang akan digunakan oleh Pejabat Tinggi ASEAN untuk pembahasan lebih lanjut. (Tnt/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini