Sukses

Dihujam Roket, Israel Gempur Militer Suriah

Serangan ini merupakan yang kali kedua setelah Israel melakukan serangan udara di Suriah hingga mengakibatkan jenderal Iran tewas.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah jet tempur Israel dilaporkan melancarkan serangan ke pos militer pemerintah Suriah. Gempuran ini dilakukan setelah markas negeri zionis itu dihujam roket di Dataran Tinggi Golan, wilayah sengketa Israel dan Suriah.

Serangan ini merupakan yang kali kedua setelah Israel melakukan serangan udara di Suriah hingga mengakibatkan anggota Hizbullah Lebanon dan seorang jenderal Iran, Mohammad Ali Allah-Dadi tewas.

Seperti dimuat Al-Arabiya, Rabu (28/1/2015), juru bicara Badan Militer Israel mengatakan, ketika diserang roket, pihaknya langsung mengerahkan tim untuk mengevakuasi dugaan korban jiwa di lokasi resort ski Mt Hermon
 
Namun demikian, setelah melakukan pencarian secara menyeluruh di Israel memastikan bahwa tak ada korban tewas akibat serangan roket dari pihak luar, yang diduga dari Israel atau Lebanon.

Dugaan lantaran Hizbullah baru-baru ini bersumpah akan membalas  serangan udara Israel pekan lalu. Saat itu juga, Israel langsung mengerahkan tentara dan Iron Dome penangkal rudal.

Israel dan Suriah terlibat sengketa wilayah di Dataran Tinggi Golan sejak tahun 1967 hingga sekarang. Saat itu, kedua negara sempat berperang selama beberapa tahun.

Hingga kini, kedua negara masih bersikeras mengklaim Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah mereka. Pada awalnya, kawasan itu merupakan teritori Suriah.

Hizbullah Lebanon dan Iran mendukung Pemerintah Suriah di bawah rezim Bashar al-Assad untuk melawan Israel dalam sengketa ini. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini