Sukses

6 Potret Matematikawan Cantik Asal Iran

Maryam menjadi kaum hawa pertama di dunia yang berhasil menyabet penghargaan matematika paling bergengsi.

Liputan6.com, Teheran - Perempuan asal Iran bernama Maryam Mirzakhani berhasil mengukir sejarah baru. Ia menjadi kaum hawa pertama di dunia yang berhasil menyabet penghargaan matematika paling bergengsi, Fields Medal yang gengsinya setara Nobel.

Seperti dimuat The Guardian, edisi Rabu 13 Agustus 2014, guru besar matematika di Universitas Stanford, California itu menerima penghargaan bergengsi tersebut di Seoul, Korea Selatan.

Barikut 6 potret cantik Maryam Mirzakhani:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potret matematikawan perempuan pertama di dunia (1)

Matematikawan cerdas ini memenangkan kategori bakat luar biasa di bawah usia 40 tahun dari International Mathematical Union. Hadiah senilai 15.000 dolar Kanada atau sekitar Rp 160 juta pun berhak diterimanya.

 

 


3 dari 3 halaman

Potret matematikawan perempuan pertama di dunia (2)

Wanita 31 tahun ini merupakan salah satu dari 4 kandidat penerima Fields Medal pada acara Kongres Matematika Internasional. Tiga kandidat lainnya adalah Martin Hairer, seorang pengajar Austria di Warwick University, Manjul Bhargava dari Princeton University di Amerika Serikat, dan Artur Avila, peneliti di Institute of Mathematics of Jussieu di Paris, Prancis.

 

 

 

Sejak penghargaan Fields Medal pertama pada tahun 1936, telah ada 56 nama yang memenangkan kompetisi ini. Mirzakhani adalah satu-satunya wanita.

(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.