Sukses

28 Singkatan Gaul di Internet yang Wajib Diwaspadai Orangtua

Liputan6.com, Washington DC- Sejumlah singkatan Bahasa Inggris 'gaul' seringkali ditemukan di internet, di forum-forum, chatting, ataupun artikel. Misalnya LOL, akronim yang biasanya merujuk pada "laugh out loud" alias tertawa terbahak-bahak atau ngakak.

LOL bisa juga diartikan "lots of luck" -- semoga mendapat banyak keberuntungan atau "lots of love" -- banyak cinta.

Namun, ternyata ada banyak singkatan yang patut diwaspadai orangtua -- yang bisa jadi menjadi sinyal perilaku berbahaya pada anak remaja.

Misalnya, tahukah Anda istilah  "IWSN". Dalam Bahasa Inggris, itu berarti I want sex now -- kata-kata yang tak pantas dikatakan remaja.

Atau  "GNOC" -- yang ternyata  berarti "get naked on camera" -- tampil polos di depan kamera.

Para orangtua juga sebaiknya tahu apa arti 'PIR' -- parent in room -- yang bisa berarti para remaja ingin bicara soal topik yang tak bakal diizinkan ayah atau ibunya.

Katie Greer adalah ahli keamanan internet yang rajin memberikan pelatihan tentang hal ikhwal dunia maya di sekolah-sekolah, lembaga penegak hukum, dan organisasi masyarakat di seluruh Amerika Serikat selama lebih dari 7 tahun.

Ia mengatakan, riset menunjukkan mayoritas remaja yakin orangtua mereka juga mengawasi kehidupan mereka di dunia maya.

"Karenanya, akronim digunakan untuk menyembunyikan bagian tertentu dari orangtua mereka," kata Greer, seperti Liputan6.com kutip dari CNN, Selasa (9/12/2014). "Seperti 'Da Vinci Code' di mana hanya para remaja yang mengetahui arti sesungguhnya."

Ada banyak singkatan baru yang muncul setiap harinya. Para orangtua bisa mencari tahu lewat mesin pencarian seperti Google. Namun, cara terbaik adalah dengan menanyakannya langsung pada anak.

"Bertanya langsung pada anak tak hanya memberi informasi berharga, tapi menunjukkan bahwa Anda memperhatikannya. Dan memulai percakapan terkait perilaku di dunia maya, adalah permulaan yang sangat penting."

Berikut 28 singkatan di internet yang sebaiknya diketahui orangtua:

1. IWSN - I want sex now

2. GNOC - Get naked on camera

3. NIFOC - Naked in front of computer

4. PIR - Parent in room

5 CU46 - See you for sex

6. 53X - Sex

7. 9 - Parent watching

8. 99 - Parent gone

9. 1174' - Party meeting place

10. THOT - That hoe over there

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Kode untuk Narkoba

11. CID - Acid (the drug)

12. Broken - Hungover from alcohol

13. 420 - Marijuana

14. POS - Parent over shoulder

15. SUGARPIC - Suggestive or erotic photo

16. KOTL - Kiss on the lips

17. (L)MIRL - Let's meet in real life

18. PRON - Porn

19. TDTM - Talk dirty to me

20. 8 - Oral sex

21. CD9 - Parents around/Code 9

22. IPN - I'm posting naked

23. LH6 - Let's have sex

24. WTTP - Want to trade pictures?

25. DOC - Drug of choice

26. TWD - Texting while driving

27. GYPO - Get your pants off

28. KPC- Keeping parents clueless

(Ein/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.