Sukses

Tomtato, Tanaman Unik Gabungan Kentang dan Tomat

Meski aneh, tanaman unik TomTato ini 100 persen alami, tidak dimodifikasi secara genetik.

Liputan6.com, London - Tanaman unik sedang dikembangkan di Inggris. Yakni, kentang yang ditanam satu batang dengan tomat. Kok bisa ya?

Dalam satu tanaman, umbi kentang berada di dalam tanah, sementara tomat merah yang kaya vitamin C ada di atas.

Pohon tomat ceri sekaligus kentang itu dinamai TomTato. Meski aneh, tanaman itu 100 persen alami, tidak dimodifikasi secara genetik.

TomTato dikembangkan dengan teknologi canggih oleh Thompson and Morgan, sebuah perusahaan hortikultura yang berpusat di kota Ipswich, di Suffolk, Inggris.

Meskipun tanaman serupa telah dibuat di Inggris sebelumnya, ini adalah versi komersial yang pertama.

"TomTato adalah hasil kerja keras 1 dekade," kata Direktur Thompson and Morgan, Paul Hansord seperti dikutip dari Oddity Central, Kamis (13/11/2014).

Paul mengaku dapat ide tanaman unik itu 15 tahun yang lalu, ketika ia mengunjungi sebuah taman di Amerika Serikat.

Ketika itu ada orang iseng yang membuat tanaman tipuan, kentang di bawah, tomat di atas. Namun lelucon itu justru menginspirasi Paul untuk membuat yang asli.

Apalagi, kedua tanaman itu dari rumpun yang sama dan bisa disatukan dengan cara cangkok.

Sejak saat itu, Paul pun berupaya membuat TomTato dan terus menyempurnakannya. Hingga akhirnya ia bisa memproduksinya secara massal.

TomTato diluncurkan pada bulan September lalu, dan dijual US$ 24 per tanaman di Inggris. Cocok bagi mereka yang tak memiliki halaman luas. Bisa ditanam di dalam pot juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini