Sukses

Gantengnya Pak Menteri Kesehatan Swedia

Liputan6.com, Stockholm - Menteri Kesehatan Swedia yang baru, Gabriel Wikstrom memang istimewa. Ia diangkat jadi pejabat dalam usia muda, 29 tahun. Dan wajahnya yang ganteng meluluhkan hati banyak perempuan dunia. Terutama dari Turki.

Pekan lalu, Wikstrom hanya punya sekitar 2 ribu pengikut di Twitter. Namun Jumat 17 Oktober kemarin, follower-nya membengkak jadi 22.800 dan terus bertambah. Para penggemarnya memberi julukan 'Menteri Ganteng'.

Wikstrom mengaku tak tahu pasti awal mula ia mendadak terkenal di dunia maya. Tapi, kuncinya ada di Turki.

"Seseorang yang memiliki banyak follower menciap sesuatu tentang aku. Tiba-tiba pada hari Senin aku mendapat banyak pengikut dari Turki," kata dia seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Sabtu (18/10/2014).



Suatu hari, di acara makan siang, seorang menteri lain, Mehmet Kaplan membantunya menulis pesan pendek dalam Bahasa Turki. Bunyinya: "Selamat datang dan terimakasih pada para follower-ku di Turki," kata Wikstrom.

Responnya ternyata luar biasa. Pesan itu di- retweet 8.500 kali. "Jujur, saya tersanjung. Tapi jangan salah kira, itu bukan hanya karena penampilanku. Juga terkait dengan fakta bahwa saya menjadi menteri dengan portofolio kelas berat, kesehatan dan olahraga, sesuatu yang tak biasa di Turki," kata  dia.

Apapun, ia tak keberatan dengan perhatian yang mengarah padanya. "Jika saya bisa menjadi panutan dan menginspirasi generasi muda untuk terlibat dalam politik, itu adalah sesuatu yang saya harapkan."



Wikstrom, yang saat ini menghadiri KTT Kesehatan di Copenhagen, Denmark bukan satu-satunya politisi Skandinavia yang menarik perhatian karena penampilannya yang bak model.

PM Denmark,  Helle Thorning-Schmidt (47) terkenal karena penampilannya yang glamor dengan rambut pirangnya. Sementara, menteri pertaniannya, Dan Jorgensen (39) juga tenar di kalangan kaum hawa.

Kembali ke Pak Menkes Swedia, Wikstrom tak menyebut statusnya, single atau sudah menikah. Namun, ia menyebut, telah memiliki seorang anak.