Sukses

Ribuan Demonstran Pro-Palestina Kecam Pemerintah Prancis

Liputan6.com, Paris - Ribuan orang turun ke jalan di beberapa kota di Perancis Sabtu 2 Agustus guna memprotes serangan mematikan Israel di Jalur Gaza.

"Israel pembunuh, partner Hollande (Presiden Prancis Francois Hollande) dalam kejahatan," teriak salah seorang demonstran di sebuah reli di Paris, seperti dilansir Alarabiya Sabtu (2/8/2014).

Dalam aksinya, para demonstran pro-Palestina berkumpul di beberapa kota, termasuk Marseille, Lyon dan Lille, untuk menyuarakan dukungan mereka terhadap Palestina.

Mereka mengecam keras Pemerintah Perancis yang menurut mereka telah mendukung serangan Israel ke Palestina. Menurut mereka, dukungan pemerintahnya merupakan tindakan memalukan.

"Kami di sini untuk menyatakan dukungan penuh kami untuk perlawanan Palestina dan mengecam pemerintah memalukan ini (Presiden Prancis Francois Hollande) untuk mendukung garis Israel," kata Omar Alsoumi dari Gerakan Pemuda Palestina.

Dalam pekan ini protes pro-Palestina di Paris terus berlangsung. Beberapa demonstran melakukan perusakan hingga terjadi bentrokan. Bahkan, penangkapan dan tuduhan anti-Semitisme di mana rumah-rumah ibadat menjadi sasaran dan bendera Israel dibakar.

Baca juga:

Bantah Culik Tentara Israel, Hamas: Tak Ada Info, Mungkin Mati

5 Ribu Orang Long March Desak Israel Stop Kekerasan ke Gaza

Terowongan Gaza, Taktik Baru Hamas Melawan Israel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.