Sukses

Ulama Syiah Irak Serukan Warga Angkat Senjata

Ali al-Sistani menyampaikan seruan tersebut dalam khotbah Jumat hari ini di Karbala.

Liputan6.com, Baghdad - Ulama Syiah paling senior di Irak Ali al-Sistani menyerukan kepada rakyat Irak, untuk mengangkat senjata memerangi kelompok militan Sunni yang mengancam ibu kota Baghdad.

Ali al-Sistani menyampaikan seruan tersebut dalam khotbah Jumat hari ini di Karbala. Seperti dilansir BBC, Jumat (13/6/2014), di kota ini terdapat berbagai tempat suci umat Syiah.

"Dari sini Karbala, kami menyerukan kepada semua warga negara yang mampu mengangkat senjata dan memerangi teroris, sebagai bentuk pembelaan terhadap negara mereka, rakyatnya, tempat-tempat suci, untuk menjadi relawan dan bergabung dengan pasukan keamanan guna menjalankan tugas suci ini," kata Ali al-Sistani.

Pernyataan ini disampaikan bersamaan dengan munculnya sejumlah laporan, bahwa terjadi pertempuran antara kelompok militan Sunni dan pejuang Syiah di Provinsi Diyala.

Diyala terletak tidak jauh dari wilayah Iran dan dekat dengan ibu kota Irak, Baghdad, setelah sebelumnya merebut Mosul dan Tikrit di bagian utara.

Kelompok militan yang tergabung di dalam ISIS atau Negara Islam Irak dan Levant itu menyatakan tekad untuk bergerak ke Baghdad dan bahkan menuju Karbala.

Tetapi beberapa kelompok pemberontak Sunni telah mengatakan, tidak berencana menyerang daerah yang mayoritas penduduknya umat Syiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini